Bekasi

Tak Disalurkan, Bansos Presiden Berjamur

BANSOS TERBENGKALAI : Petugas BPBD Kota Bekasi merapihkan bansos di Kawasan Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Kamis (16/7). Ratusan bungkus bantuan sosial dari Kementrian Sosial untuk korban PHK terbengkalai. Sebagian ada bercak hitam dan berjamur. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang dibungkus kantong berwarna merah bertulis ‘Bantuan Presiden RI’, terbengkalai di salah satu ruangan atau bagian bawah Tribun Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi.

Pantauan Radar Bekasi, jumlah Bansos yang sudah dikemas tersebut mencapai ratusan hingga ribuan paket. Sebagian dari paket tersebut terlihat sudah ada yang berjamur dan busuk, sehingga menimbulkan aroma tidka sedap.

Ketua Tim Terpadu Pengendalian Bantuan Sosial dalam penaganan Covid-19 di Kota Bekasi, Taufiq R Hidayat mengatakan, kalau bansos yang berada di lokasi bukan tanggungjawabnya, melainkan milik Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker). Menurutnya, Bansos tersebut untuk warga korban Pemutusan Hubungan kerja (PHK) karena pandemic Covid -19.

“Itu beda peruntukan. Yang terima Disnaker untuk korban PHK, bukan bansos warga terdampak Covid-19,” ucap Taufiq saat dikonfirmasi Radar Bekasi, Kamis (16/7).

Taufiq mengakui, pihaknya tak tahu-menahu terkait bansos yang berada di lokasi tersebut. Bahkan, dia juga mengarahkan untuk bisa langsung konfirmasi Disnaker terkait masalah itu, selaku penerima bansosnya. “Itu yang terima Disnaker, konfirmasinya kesana,” singkat Taufiq.

Terpisah, Kadisnaker Kota Bekasi, Ika Indah Yarti saat dikonfirmasi enggan memberi keterangan soal bansos yang terbengkalai tersebut. Terutama, terkait peruntukan dan jumlah total dari bansos yang ada di lokasi tersebut. Akan tetapi, saat ditanya penyaluran bansos kepada korban PHK dia menjawab singkat kalau prosesnya sedang berjalan.”Sedang berjalan bang,” singkat Ika melalui pesan WhatsAppnya.

Sementara itu, menanggapi bansos yang seharusnya segera disalurkan itu, Anggota Komisi IV DPRD Kota Bekasi dari fraksi Golkar, Daryanto mengaku, belum bisa memberikan keterangan berkenaan dengan hal tersebut. Dia pun meminta waktu untuk bisa mendapatkan konfirmasi dari dinas terkait.”Itu sejak kapan bang, saya belum tahu. Nanti saya konfirmasi dulu ya dinasnya,” ucapnya singkat.

Adapun pasca masalah bansos ini dikonfirmasi ke pihak-pihak terkait, pantauan Radar Bekasi, pada Kamis (16/7) sore, ratusan paket bansos yang semula terbengkalai di lokasi itu terlihat langsung dirapihkan dan diangkut sejumlah petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi. Namun, ketika ditanya hendak dibawa kemana tak satupun petugas yang memberikan jawaban. (mhf)

Related Articles

Back to top button