Berita Bekasi Nomor Satu

Perbaikan Jalan Andalkan Bantuan DKI

BUTUH PERBAIKAN : Sejumlah pengendara memperlambat laju kendaraan saat melintasi jalan rusak di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Bekasi Barat, Selasa (21/7). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.
BUTUH PERBAIKAN : Sejumlah pengendara memperlambat laju kendaraan saat melintasi jalan rusak di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Bekasi Barat, Selasa (21/7). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebanyak 120 ruas jalan di Kota Bekasi perlu dilakukan perbaikan. Namun rencana perbaikan harus tetunda lantaran pandemi Covid-19.

Kendala tersebut juga terjadi karena adanya refocusing anggaran yang dilakukan pemerintah Kota Bekasi.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengakui adanya kendala anggaran untuk proses perbaikan. Sehingga pihaknya akan mengandalkan sisa bantuan dari Provinsi DKI Jakarta untuk proses perbaikan. Sejauh ini perbaikan menunggu proses lelang.

“Ada (anggaran) yang mau digunakan itu yang Ngurah Rai, sisa bantuan DKI,” ungkapnya, Selasa (21/7).

Hal senada diungkapkan, Kabid Bina Marga pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, Widayat Subroto. Pihaknya membenarkan perbaikan sejumlah jalan menggunakan sisa bantuan DKI Jakarta sebesar Rp12 miliar.

Dijelaskanya, perbaikan jalan yang dilakukan bersifat sementara. Hal ini terpaksa dilakukan lantaran pendanaan yang terdampak refocusing anggaran selama pandemi Covid-19.

Perbaikan tiga ruas jalan seperti Jalan HM Djoyomartono, I Gusti Ngurah Rai, dan Lingkar Utara akan dikerjakan tahun ini, dan diprediksi selesai pada bulan Desember mendatang.

“Sekarang Covid-19 sudah mulai normal, kemudian refocusing anggaran sudah selesai, kita sedang bersiap untuk melakukan pelelangan,” ungkapnya.

Tiga ruas jalan ini dinilai krusial untuk dilakukan perbaikan lantaran jalan utama, ramai dilintasi kendaraan, serta kondisi kerusakan yang memprihatinkan. Tercatat 120 ruas jalan rusak, rencananya dikerjakan pada tahun 2021 mendatang.”Yang di kota itu totalnya hampir 120an titik,” tukasnya.

Awalnya, perbaikan ruas jalan direncanakan mulai berjalan pada Februari lalu, Pekerjaan terganggu akibat situasi pandemi Covid 19. Perbaikan menyeluruh ditarget terlaksana pada bulan Februari 2021 mendatang. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin