Berita Bekasi Nomor Satu

Maksimalkan Program Siaga Tangguh

PENILAIAN: Wilayah RW 15 Kelurahan Bintara ketika dilakukan penilaian sebagai RW Siaga Tangguh dari tim Pemerintah Kota Bekasi.IST/RADAR BEKASI
PENILAIAN: Wilayah RW 15 Kelurahan Bintara ketika dilakukan penilaian sebagai RW Siaga Tangguh dari tim Pemerintah Kota Bekasi.IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Rukun Warga (RW) 15 Kelurahan Bintara, Kecamatan Bekasi Barat, menjadi wakil di wilayahnya dalam lomba RW Siaga Tangguh tingkat Kota Bekasi.

Tidak hanya sebagai perwakilan wilayah, program yang sudah berjalan coba direalisasikan di tingkat Rukun Tetangga (RT).

Sama halnya di tingkat kota, untuk memastikan program berjalan, pihak RW juga membuat sistem lomba di tingkat RT.

Dalam lomba siaga tangguh, ada tiga poin yakni, zero criminal, zero Covid-19 dan ketahanan pangan.

“Penyuluhan sudah dilakukan dari Kapolsek terkait Satgas Tangguh yakni tiga program zero Covid-19, zero criminal dan ketahanan pangan, saya juga melombakan tiga poin tersebut di lima RT yang ada diwilayah saya,” ujar Ketua RW 15 Kelurahan Bintara, Kecamatan Bekasi Barat, Ahmad Supriatna kepada Radar Bekasi, Minggu (26/7) usai sosialisasi di Kantor RW 15, Kelurahan Bintara.

Dijelaskannya, beberapa poin menjadi penilaian diantaranya, zero criminal, harus memberlakukan siskamling atau ronda agar wilayahnya aman dan nyaman.

Zero Covid-19 mereka harus menyiapkan protokol kesehatan lingkungan, salah satunya menyiapkan tempat cuci tangan di setiap gang, hand sanitizer dan melakukan penyemprotan disinfektan serta sosialisasi edukasi ke warga sekitar terkait Covid-19.

Untuk ketahanan pangan, para ketua RT dan warga harus bisa berinovasi dalam pengembangan lingkungan diantaranya penanaman sistem hidroponik, ternak ikan untuk kebutuhan warga.

“Alhamdulillah semua sudah kita terapkan dan sudah berjalan, zero Covid-19, zero criminal dan ketahanan pangan sudah dijalankan,” ujarnya.

Sebagai bentuk apresiasi pihaknya melombakan tiga poin itu kepada lima RT di wilayahnya. Ini dilakukan menyambut penilaian dari Kota Bekasi sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus mendatang.

“Semua RT diwilayah saya masing-masing memiliki keunggulan. Tetapi saya meminta dari tiga poin itu harus ada semuanya dilingkungan RT. Alhamdulillah responnya baik dan tiga poin itu ada,” jelasnya.

Diketahui, untuk penilaian dilingkungan tingkat RW sebagai perwakilan Kelurahan Bintara akan berjalan pada 26 Juli dan untuk lomba di lima RT mulai 27 hingga 17 Agustus mendatang.(pay/pms)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin