Berita UtamaPendidikan

Komisi IV Desak Disdik Turun Tangan

Radarbekasi.id – Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi meminta Dinas Pendidikan (Disdik) setempat turun tangan menelusuri sekolah yang tak mematuhi aturan dengan tetap mewajibkan siswa membeli seragam.

“Kita mendesak Dinas Pendidikan melakukan semacam pemantauan yang lebih spesifik sampai ke bawah untuk memastikan bahwa proses-proses seperti itu tidak terjadi di sekolah,” ujar Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Rusdi Haryadi, kepada Radar Bekasi, Rabu (29/7).

Sekolah di Kabupaten Bekasi dilarang menjual seragam kepada siswa. Larangan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor: 420/431/Disdik, yang ditujukan kepada kepala SD dan SMP Negeri se-Kabupaten Bekasi tertanggal 26 Mei 2020.

SE yang ditandatangi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Carwinda itu menyatakan larangan penjualan buku, seragam sekolah, dan study tour yang dananya dari orangtua siswa di SD dan SMP Negeri di Kabupaten Bekasi.

Lebih lanjut, Rusdi mengatakan, SE itu memang ada yang melakukan pengawasan. Namun adanya sekolah yang mewajibkan siswa membeli seragam, ia kembali menegaskan Disdik harus melakukan penelusuran secepatnya.

“Kalau secara organisasi ada instrumen yang melakukan pengawasan itu, tetapi kalau ada fakta-fakta seperti itu, ya Disdik harus turun,” ucapnya.

Ia mengaku menyesalkan masih adanya satuan pendidikan yang mewajibkan pembelian seragam. Padahal, kondisi ekonomi orangtua siswa sedang sulit akibat pandemi.

“Kita sangat menyesalkan praktik-praktik komersial itu masih berlangsung itu di sektor pendidikan, sangat luar biasa. Ini sangat menciderai moralitas,” katanya.
Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menegaskan, Dinas Pendidikan harus menegakan aturan yang sudah dibuat dalam SE tersebut. Ia juga meminta agar aduan dari masyarakat dapat direspon dengan cepat.

“Aduan-aduan masyarakat itu bisa ditanggapi secara responsif. Ya sekarang waktunya dinas melakukan pengawasan secara langsung. Menindaklanjuti aduan masyarakat itu, sekarang komitmen itu yang harus ditunjukan,” pungkasnya. (pra)

Close