Pendidikan

Beradaptasi Memahami Hal Baru

Radarbekasi.id – Hadi Trisna Subekti (22) merupakan mahasiswa program studi Instrumentasi, Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG). Hadi-begitu ia disapa-saat ini sudah menjalani kuliah selama enam semester.

Hadi menceritakan proses bagaimana akhirnya dirinya menempuh pendidikan pasca lulus dari SMA Negeri 2 Bekasi.

“STMKG itu ada di bawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Ada 4 jurusan yang dibuka yaitu Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi. Dulu saat tes masuk saya milih jurusan Geofisika dan Instrumentasi karena saya suka mempelajari fisika dan menghindari mempelajari kimia yang ada dua jurusan yang lain. Setelah semua proses seleksi dilewatin hasilnya saya keterima di instrumentasi,” ungkapnya kepada Radar Bekasi, Jum’at (31/7).

Mahasiswa yang bertempat tinggal di daerah Perumnas 1, Bekasi Barat ini menjelaskan, selain mempelajari turunan-turunan dari ilmu fisika, dalam program studi yang saat ini dia tempuh juga mempelajari tentang sensor yang berperan di sebagian besar alat-alat yang digunakan oleh BMKG.

“Belajar tentang sensor. Sensor ini salah satu yang penting dipelajari karena sebagian besar alat yang digunakan BMKG itu menggunakan sensor. Gunanya sensor itu buat ngerekam parameter-parameter analog kayak hujan, kelembapan, suhu sampai ke parameter gempa,” jelasnya.

Pada kegiatan praktik mata kuliah sensor dirinya pernah membuat alat pendeteksi kebakaran. Alat tersebut bekerja dengan cara mendeteksi gas karbondioksida yang kemudian memicu alarm yang ada untuk menghasilkan sinyal pemberitahuan terjadinya kebakaran.

Selama kuliah dirinya mengakui kerap kali menemui kendala seperti sulit untuk memahami apa yang dia pelajar. Namun hal tersebut ia anggap sebagai sesuatu yang biasa terjadi ketika menemui hal baru, khususnya dalam hal menuntut ilmu.

“Kendala yang dialami itu kayak biasanya belajar hal baru ya kadang sulit mengerti, disitu saya memaksa diri untuk cepat beradaptasi dan memahami ilmu-ilmu yang baru didapet,” ungkapnya.

Meski kerap kali menemui kendala, Hadi tetap menikmati kuliah yang saat ini sedang ia jalani. Salah satu hal yang membuat dia tetap menikmati kuliahnya adalah kesempatan untuk bisa kenal dengan sesama peserta didik di STMKG yang berasal dari seluruh Indonesia.

Sebagai penyeimbang kegiatan akademik, Hadi juga mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di kampusnya yakni paduan suara dan kegiatan kerohanian islam. (mg1)

Related Articles

Back to top button