Berita Bekasi Nomor Satu

Forum Anak Kabupaten Bekasi Raih Prestasi DAFA Award 2020 Kategori Kabupaten Terbaik

Forum-Anak-Kabupaten-Bekasi
FOTO BERSAMA: Pendamping Forum Anak Kabupaten Bekasi Rahmawati bersama anggota Forum Anak Kabupaten Bekasi, foto bersama. Istimewa
Forum-Anak-Kabupaten-Bekasi
FOTO BERSAMA: Pendamping Forum Anak Kabupaten Bekasi Rahmawati bersama anggota Forum Anak Kabupaten Bekasi, foto bersama. Istimewa

Radarbekasi.id – Forum Anak Kabupaten Bekasi meraih prestasi DAFA Award 2020 sebagai peserta terbaik kategori kabupaten tingkat nasional.

Sebanyak 343 Forum Anak (FA) yang mewakili provinsi kabupaten/kota dan kecamatan serta desa maupun kelurahan menjadi peserta dalam ajang ini. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati membuka acara Penganugerahan Data Forum Anak (DAFA) Award 2020 bertajuk “Petualangan di Gunung Kebahagiaan” yang dihelat secara virtual, Selasa (25/8) di Jakarta.

Adapun peserta terbaik nasional sejumlah 13 nominasi. Salah satunya adalah Kabupaten Bekasi yang dianugerahkan sebagai peserta terbaik kategori kabupaten tingkat nasional.

Keberadaan DAFA Award sebagai ajang pengumpulan data dan informasi Forum Anak se-Indonesia telah membuktikan bahwa anak-anak memahami betapa pentingnya data sebagai bahan untuk melakukan evaluasi sekaligus mengukur efektivitas program maupun lembaga pendataan yang sistematis.

Forum Anak Kabupaten Bekasi dalam upaya meningkatkan wadah partisipasi anak, salah satunya melalui media massa Ramah Anak yaitu Harian Radar Bekasi. Kunci keberhasilan Forum Anak dalam menjalankan peran dan fungsinya adalah adanya kemauan dan kemampuan anak untuk berperan sebagai pelopor dan pelapor (2P) serta berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan.

Kiprah Forum Anak Kabupaten Bekasi perlu ditingkatkan untuk terus giat belajar, berkreasi, berinovasi, berprestasi serta berpartisipasi aktif dalam memajukan kabupaten layak anak secara khusus dan Indonesia layak anak secara umum.

Pendamping Forum Anak Kabupaten Bekasi Rahmawati menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Bekasi yang telah memfasilitasi Forum Anak melalui pembinaan dan kesempatan untuk berkreasi, berinovasi, berprestasi serta berpartisipasi aktif dalam melaksanakan tugasnya sebagai 2P. Dengan kerja keras dan kerja sama yang baik, Forum Anak Kabupaten Bekasi berhasil meraih predikat kabupaten terbaik tingkat nasional.

“Penghargaan yang merupakan kebanggaan bagi Kabupaten Bekasi ini akan menjadi motivasi bagi anak-anak untuk meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa adanya diskriminasi,” ungkap Rahmawati, dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, Pendamping Forum Anak Kecamatan Cibarusah dan Kabupaten Bekasi Adi Pranaya memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih Forum Anak Kabupaten Bekasi. Hendaknya prestasi tersebut dipertahankan dan ditingkatkan.

Forum Anak dalam bidang kemanusiaan merupakan bidang paling penting sebagai bentuk empati kepedulian terhadap sesama. Kedepannya diharapkan Forum Anak tidak hanya untuk kepedulian sosial, tetapi juga kepedulian kemanusiaan baik anak-anak yang cacat dan gangguan mental, maupun anak-anak jalanan yang memerlukan kepedulian dari sesama.

“Harapan kedepan tetap berprestasi menjadi pelopor dan pelapor dalam mewujudkan kabupaten layak anak pada khusunya dan Indonesia layak anak pada umumnya,” tukas Adi.

Ketua Forum Anak Kabupaten Bekasi Bintang mengaku senang dan bangga atas penghargaan yang diraih ini. Penghargaan ini akan menjadi pemicu dan pemacu Forum Anak dalam berperan aktif dan perencanaan pembangunan serta perlindungan anak.

“Semoga ke depannya kami terus semangat dan mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya dalam hal partisipasi hak anak. Kami persembahkan penghargaan ini kepada Forum Anak Kabupaten Bekasi dan seluruh anak-anak di Jawa Barat,” ujar Bintang. (oke/pms)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin