Berita Bekasi Nomor Satu

Delapan SMK Terkendala Jaringan Internet

SMKN-2-Cikarang-Barat
ILUSTRASI: Pengendara melintasi SMKN 2 Cikarang Barat, Rabu (9/9). Delapan SMK swasta di Kabupaten Bekasi terkendala jaringan internet.Ariesant Radar Bekasi
SMKN-2-Cikarang-Barat
ILUSTRASI: Pengendara melintasi SMKN 2 Cikarang Barat, Rabu (9/9). Delapan SMK swasta di Kabupaten Bekasi terkendala jaringan internet.Ariesant Radar Bekasi

Radarbekasi.id – Delapan SMK swasta di Kabupaten Bekasi terkendala jaringan internet. Akibatnya, pembelajaran jarak jauh secara daring dari rumah selama enam bulan ini pandemi ini tak bisa dilaksanakan dengan maksimal.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Bekasi Nopriandi mengatakan, bahwa terdapat sekolah yang mengalami kendala jaringan internet dalam melaksanakan pembelajaran secara daring karena wilayah mereka minim infrastruktur telekomunikasi.

“Memang ada beberapa kecamatan yang belum terlengkapi infrastruktur jaringan telekomunikasi,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu (9/9).

Yakni, Kecamatan Muaragembong dan Kecamatan Cabangbungin. Adapun di dua kecamatan itu hanya terdapat SMK swasta berjumlah delapan sekolah (lihat grafis)
“Di dua kecamatan tersebut belum ada sekolah negeri, hanya ada sekolah swasta saja,” terangnya.

Kendati cuma sedikit sekolah yang mengalami kendala itu, kata Nopriandi, persoalan akses jaringan internet ini perlu dicarikan solusi. Dengan demikian proses pembelajaran secara daring dapat dilaksanakan dengan maksimal oleh satuan pendidikan.

“Memang tidak banyak, tapi hal-hal seperti ini harus diberikan solusi agar tetap bisa melaksanakan proses pembelajaran dengan lancar,” katanya.
Ia menjelaskan, akibat kendala itu proses pembelajaran di delapan sekolah selama pandemi ini lebih sering dilaksanakan secara luring (luar jaringan) dengan penugasan secara langsung.

“Kendalanya itu jika siswa melaksanakan proses pembelajaran secara daring, jaringan sering kali terputus. Makanya delapan sekolah ini lebih banyak menggunakan metode luring,” jelasnya.

Meskipun dilaksanakan secara luring, jelas dia, proses pembelajaran masih terbilang cukup efektif. Siswa tetap mendapatkan materi pelajaran secara utuh.

Namun, diakui, kestabilan internet cukup dibutuhkan untuk mendukung proses pembelajaran secara daring. “Efektif sih karena masih bisa mengikuti proses pembelajaran dengan baik, tapi memang internet saat ini menjadi kebutuhan penting untuk mendukung proses pembelajaran,” tukasnya. (dew)

Sekolah Terkendala Infrastruktur Jaringan Internet

Kecamatan Muaragembong
– SMKS Al-Mujahidin
– SMKS Assa’adatul Abadiyah
– SMKS Yapinuh

Kecamatan Cabangbungin
– SMK Jaya Nusantara
– SMK Adhi Karya
– SMKS Asy Syifa
– SMKS Attaqwa Cabangbungin
– SMKS El-Amin

Sumber: MKKS Kabupaten Bekasi


Solverwp- WordPress Theme and Plugin