BekasiBerita UtamaMetropolis

RW Siaga Bakal Terima Bantuan

Anggarkan Rp3 Miliar

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Untuk optimalisasi peran Rukun Warga (RW) Siaga, Pemerintah Kota (Pemkot) bersama DPRD Kota Bekasi mengalokasikan anggaran Rp3 miliar lebih. Total dana itu, nantinya akan diberikan kepada sebanyak 1.013 RW di Kota Bekasi.

Dana tersebut dipergunakan dalam tugas penanganan dan pencegahan Covid-19. Adapun dari total dana itu, masing-masing RW siaga bakal menerima sebesar Rp1 juta per bulan, selama tiga bulan kedepan dimulai Oktober hingga Desember 2020.

Pengalokasian anggaran tersebut hasil kesepakatan bersama Pemkot Bekasi dan DPRD Kota Bekasi pada sidang Paripurna tentang finalisasi perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Perubahan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2020, pada Kamis (17/9).

Terkait hal ini, Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Bekasi, Dariyanto saat ditemui di ruang kerjanya menyebut, subsidi RW siaga untuk penanganan Covid-19 ini adalah hasil dari kesepakatan bersama, antara Pemkot Bekasi dan DPRD Kota Bekasi guna mengoptimalkan peran dan tugas pengurus RW di wilayah.

“Hasil kesepakatan kami subsidi ini perlu diberikan, karena saat ini RW siaga merupakan garda terdepan dalam upaya mencegah penularan Covid-19 di Kota Bekasi sesuai dari kebijakan yang ditetapkan Pemkot Bekasi. Artinya, demi pelaksanaan RW siaga lebih optimal perlu ada subsidi yang diberikan ke mereka,” kata Dariyanto, Kamis (17/9).

Menurut Dariyanto, terkait dana itu nantinya akan diserahkan penuh ke eksekutif untuk proses penyaluran kepada setiap RW se-Kota Bekasi. “Untuk teknis, eksekusinya ada di eksekutif yang akan menyalurkan,” ujarnya.

“Semoga dengan dana yang ada itu peran RW siaga bisa lebih optimal dalam menangani dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Bekasi, demi mendukung agar keberlangsungan perekonomian masyarakat di masa Adaptasi hidup baru (ATHB) Masyarakat Produktif Aman Corona Virus Disease (Covid-19) tetap berjalan,” tandasnya.

Terpisah, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, pihaknya kini masih menyusun proses penyaluran dana tersebut. Tapi yang jelas, dana ini bakal segera disalurkan kepada RW siaga secepatnya. “Ini kan baru disetujui, jadi kita perlu susun dulu proses tahapan penyaluran dana ini. Termasuk menunjuk OPDnya,” singkat Rahmat saat dikonfirmasi Radar Bekasi. (mhf)

Related Articles

Back to top button