Cikarang

Ketua Pokdarwis: Berada di Pesisir Muara Gembong Malam Hari Seperti Melihat Singapura dari Batam

Nelayan berangkat melaut di Desa Pantai Meka
POTENSI WISATA MUARAGEMBONG: Nelayan berangkat melaut di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi. Pemerintah Kabupaten Bekasi terus mempromosikan Muaragembong sebagai tujuan wisata bahari. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pantai Mekar, Darman mengatakan, banyak tempat menarik di wilayah Muara Gembong untuk dikunjungi. Menurutnya, sudah banyak orang yang membuktikan keindahan alam di ujung utara Kabupaten Bekasi tersebut.

Darman mengatakan, keindahan alam Muara Gembong dapat memanjakan mata seperti berada di daerah wisata lain di Indonesia.

“Orang yang datang di sini bisa melihat gugusan bukit mangrove jenis kendeka (Bruguiera spp) seperti di Raja Ampat. Sunset yang indah seperti di Bali juga dapat dinikmati di lokasi ini. Nah, kalau malam, orang yang berada di pesisir itu seperti melihat Singapura dari Batam,” ucapnya, melalui sambungan telepon belum lama ini. Yang dia maksud seperti Singapura ialah gedung bertingkat di Jakarta.

Hal itu dikatakan Darman saat dimintai penjelasannya tentang keindahan alam Muara Gembong. Diakui, pihaknya sedang menggarap wilayah menjadi sebuah kawasan pariwisata seluas 127 hektar. Secara persentase, 70 persen kawasan hutan mangrove, 10 persen pemukiman penduduk, dan 20 persen bibir pantai.

Lelaki yang pernah menjabat sebagai Kepala Desa Pantai Mekar ini mengatakan, sebelum ada Pokdarwis pihaknya swadaya dengan masyarakat lain sudah membuat cikal bakal pariwisata di wilayah tempat tinggalnya tersebut. Targetnya, Kabupaten Bekasi memiliki wisata kebanggaan. Dengan terwujudnya kawasan pariwisata, diyakini akan semakin banyak orang yang datang ke Muara Gembong. Dampaknya, perekonomian masyarakat dapat meningkat.

“Makanya yang kita harapkan dari dulu itu, tinggal tergantung bagaimana penentu kebijakan berani menggambil sikap. Kalau kita masyarakat sudah fix semua, tentunya stakeholder juga bisa mendukung program ini,” tukasnya. (oke)

Tags
Close