Berita Bekasi Nomor Satu

Peserta PBI Diproyeksikan Bakal Divaksinasi Covid-19 Gratis

PEMAPARAN: Sekretaris Eksekutif Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Raden Pardede, saat menyampaikanpaparannya tentang peran jaminan sosial kesehatan di era pandemi. EKO ISKANDAR/RADAR BEKASI
PEMAPARAN: Sekretaris Eksekutif Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Raden Pardede, saat menyampaikanpaparannya tentang peran jaminan sosial kesehatan di era pandemi. EKO ISKANDAR/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI  – Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN dalam program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bakal mendapat vaksin Covid-19 gratis dari pemerintah.

“Ada kelompok yang memang diberikan gratis oleh pemerintah dan mandiri. Kalau dia sudah menengah ke atas, kita harapkan mereka bayar sendirilah. Memang perhatian kita pada kelompok menengah ke bawah. Peserta BPJS PBI diproyeksikan akan diberikan gratis,” ungkap Sekretaris Eksekutif Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Raden Pardede. Hal itu dikatakannya dalam media workshop secara daring yang dihelat oleh BPJS Kesehatan, Kamis – Jumat (22-23/10). Pemberian vaksin kepada masyarakat merupakan salah satu strategi utama pemerintah dalam merespon pandemi.

“Merespon pandemi pemerintah memiliki dua strategi tindakan yang dilakukan secara bersamaan,” ujarnya
Pertama, menyelamatkan hidup (kesehatan); mengurangi daya infeksi virus, memperluas kapasitas testing, pelacakan dan isolasi, serta mencari cara pengobatan yang ampuh (vaksin).

Kedua, menyelamatkan pencarian hidup (mata pencarian hidup); memberi bantuan sosial kepada kelompok rumah tangga yang paling rentan dan memberi keringanan dan bantuan kepada kelompok usaha rentan, menyiapkan lingkungan kerja yang sehat seperti protokol kesehatan 3 M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan dengan Sabun).

“Tindakan ini dilakukan oleh pemerintah dalam arti tanggung jawab terhadap warganya dan ini dilakukan bersamaan,” ungkapnya.

Adapun target jangka pendek yang dilakukan; cegah resesi dan ciptakan rasa aman dan sehat, gunakan stimulus fiskal dengan cepat dan efektif. Jangka pendek ini akan kita terus dilakukan sampai tahun depan.

“Sampai nanti kita memiliki imunitas yang tinggi,” ucapnya.

Sedangkan target jangka menengah; trajektori ekonomi Indonesia kembali kepada posisi pre Covid-19 atau bahkan lebih. Ini akan dilakukan sampai 2023-2024. Berdasarkan data yang dihimpun BPJS Kesehatan Cabang Bekasi, per 16 Oktober 2020 peserta PBI APBN berjumlah 386.475.

Dikonfirmasi terkait peserta PBI APBN bakal diberikan vaksin gratis dari pemerintah, Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bekasi Mega Yudha Ratna Putra menyampaikan, pihaknya sampai saat ini belum mendapatkan arahan dari kantor pusat terkait hal tersebut. (oke)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin