Berita Bekasi Nomor Satu

Raka, Pelajar yang Hobi Olahraga Daya Ingat

Ghaisan Rakainaura Susilo Putra
Ghaisan Rakainaura Susilo Putra
Ghaisan Rakainaura Susilo Putra
Ghaisan Rakainaura Susilo Putra

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ghaisan Rakainaura Susilo Putra merupakan siswa SD Unity (Unity Primary School) Kota Bekasi. Pelajar berusia 12 tahun ini hobi olahraga daya ingat (memory sport).

Olahraga daya ingat masih cukup asing bagi sebagian orang. Namun tidak bagi siswa kelas VI yang akrab disapa Raka tersebut. Memory sport ia kenal di ekstrakurikuler sekolah.

“Awalnya ada eskul memory sport di sekolah, karena penasaran aku nyoba ikut bergabung,” ungkap Raka-begitu ia disapa-kepada Radar Bekasi.

Raka merupakan siswa yang berbakat dalam olahraga tersebut. Buktinya saat pertama kalinya mengikuti kejuaraan Indonesia Friendly Memory Championship (IFMC), dirinya berhasil mendapatkan peringkat ke-9 dalam kategori best new player.

Dari situ ia termotivasi untuk terus berlatih dan mengikuti berbagai kejuaraan. Kemudian Raka memutuskan untuk masuk ke kelas memory sport  bernama Indonesia Memory Sport Council (IMSC) di Kota Kasablanka.

“Aku ngerasa happy mengikuti sejumlah event perlombaan ini, jadi aku memutuskan untuk memperdalam ilmu aku. Bukan hanya di dalam sekolah tapi juga di luar sekolah,” katanya.

Dalam kejuaraan memory sport ada beberapa kategori yang diperlombakan. Yaitu random number, speed card, random worlds, tendon images dan name and face.

Pesertanya bukan hanya anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Oleh karenanya perlombaan dibagi menjadi beberapa kategori yaitu, kids, junior dan adult.

“Aku masuk ke dalam kategori kids. Ini cabang olahraga yang keren banget sih menurut aku,” ucapnya.

Biasanya sebelum mengikuti kejuaraan, ia mendapatkan bimbingan dari pelatihnya. Diakui, dalam berlatih dirinya tidak mengalami kesulitan karena  bimbingan yang diberikan cukup membantunya.

“Alhamdulillah kalo mau lomba aku dibimbing sama coach, jadi gak susah. Saat pandemi gini, aku juga tetap aktif berlatih, tapi secara daring,” terangnya.

Beragam prestasi telah diraihnya hingga saat ini. Antara lain, juara 1 Random Words, juara 3 Kids Division Bational kategory in Asia Open Memory Championship 2019, juara 3 Best New Player National kids kategori in Asia Open Memory Championship 2019, Juara 2 Overall kids Indonesia Memory Championship 2019, Juara 3 Overall Tangsel Open Memory Championship 2019, juara 2 Random Image kids  MOMC (Mind X Online Memory Championship) 2020, juara 1 Random Words kategori kids MOMC 2020, juara 1 Random Number kategori kids MOMC 2020, juara 1 Overall kategori kids MOMC 2020 dan Rekor MURI Mengingat Kamus Cambridge dengan peserta terbanyak 2020.

“Jadi meskipun pandemi aku masih tetap berprestasi, ini beberapa kejuaraan yang sempat aku menangkan,” tandasnya. Ia berharap, prestasi yang lebih baik dapat diraihnya pada tahun ini. Oleh karenanya, saat ini Raka terus giat untuk berlatih. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin