Pendidikan

Siap Jalankan Program Sekolah Penggerak

Kepala Disdik Kota Bekasi, Inayatullah
Kepala Disdik Kota Bekasi, Inayatullah

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kota Bekasi siap menjalankan program sekolah penggerak pada tahun ini. Program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini bertujuan menciptakan sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan profil pelajar Pancasila.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi Inayatullah mengatakan, Kota Bekasi merupakan salah satu dari 100 Kabupaten/Kota yang dijadikan proyek percontohan program sekolah penggerak. Hal ini sesuai Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) nomor 1177/M/2020.

Oleh karenanya, Disdik akan melakukan seleksi terhadap satuan pendidikan pada jenjang PAUD, SD, dan SMP yang memenuhi kriteria untuk diajukan sebagai sekolah penggerak. Berdasarakan data yang dihimpun Disdik Kota Bekasi, kuota yang akan diajukan sebagai sekolah penggerak sebanyak 27 sekolah.

Rincinya, 5 PAUD negeri dan  swasta, 13 SD negeri dan swasta serta 9 SMP negeri dan swasta. Saat ini, Disdik Kota Bekasi sedang membuat aturan program tersebut.

“Kita sedang membuat regulasinya, setelah itu baru akan kami sosialisasikan kepada sekolah. Proses pendampingan akan dilakukan oleh Disdik Kota Bekasi,” kata Inay kepada Radar Bekasi, Kamis (14/1).

Sosialiasi akan dilakukan setelah penandatanganan nota kesepahaman oleh Pemerintah Kota Bekasi bersama Kemendikbud. Sosialisasi ditargetkan dapat terlaksana mulai bulan ini hingga Maret mendatang. Sekolah yang masuk program ini nantinya akan mendapatkan pendampingan.

“Kita akan melakukan pendampingan dalam program sekolah penggerak ini,” pungkasnya. (dew)

Related Articles

Back to top button