Metropolis

Kolaborasi Kembangkan Jejaring Kemitraan

WEBINAR – Suasana webinar di ruang teleconference Ubhara Jaya. Webinar diikuti oleh 614 peserta dari dua kampus yang bekerjasama. IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kerjasama dua Universitas Swasta berlangsung antara Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) dan Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC).

Kerjasama di bidang Tridharma Perguruan Tinggi antara kedua kampus swasta ini dilanjutkan dengan penyelenggaraan webinar kolaborasi dan pengabdian masyarakat bertema strategi implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui karya dan prestasi.

Webinar diikuti oleh 614 peserta dari dua kampus besar, disaksikan langsung oleh Rektor Ubhara Jaya, Irjenpol Purnawirawan Bambang Karsono, juga oleh Rektor UMC, Arief Nurdin.

Selain Kerjasama, kali ini Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Ubhara Jaya telah melakukan sejumlah upaya untuk mengembangkan jejaring kemitraan guna memberikan pelayanan kepada civitas akademika FIP Ubhara Jaya, pada Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Kepelatihan Olahraga (PKO).

Dekan FIP Ubhara Jaya, Zahara Tussoleha Rony mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan awal dari serangkaian kegiatan yang telah disepakati untuk dilaksanakan bersama. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menyediakan ruang kolaborasi riset dan desiminasi hasil karya dosen di kedua kampus, hingga merumuskan prosedur dan teknis kerja sama implementasi MBKM melalui program pertukaran mahasiswa.

“Selian kegiatan webinar ini, kami juga bekerjasama dalam pertukaran dosen dan mahasiswa dalam program MBKM dengan UMC,” terangnya.

Wakil Dekan I FIP Ubhara Jaya, Sani Ariyanto menambahkan, bahwa secara teknis pihaknya akan mengirimkan mahasiswa mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar pada prodi yang sama di luar FIP Ubhara Jaya. Khususnya pada mata kuliah pengembangan pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD.

“Kegiatan ini menyediakan ruang kolaborasi desiminasi hasil pengajaran, riset, dan pengabdian pada masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Dekan II FIP Ubhara Jaya, Suharjuddin menyampaikan bahwa FIP sebagai salah satu institusi di bidang pendidikan terus berbenah dan mengembangkan pembelajaran yang diharapkan mampu mendukung program MBKM yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia.

“Oleh karena itu FIP Ubhara Jaya berusaha menginventarisasi pilihan program MBKM yang memungkinkan mudah diimplementasikan dengan mempertimbangkan sumber daya, situasi, kondisi, serta resiko atas program yang dipilih,” paparnya.

Seluruh civitas akademika FIP Ubhara Jaya mengapresiasi komitmen dan dukungan dari rekan sejawat terutama dari FKIP UMC. Kegiatan ini rencananya diakhiri dengan program pengabdian masyarakat dari kolaborasi dosen FIP Ubhara Jaya dan FKIP UMC. (sur/pms)

Related Articles

Back to top button