Cikarang

Ratusan Pedagang SGC Jalani Vaksinasi

SUNTIK VAKSIN: Tenaga kesehatan sedang menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada pedagang, di Sentra Grosir Cikarang, Kabupaten Bekasi, Rabu (17/3). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ratusan pedagang yang berada di pusat perbelanjaan Sentral Grosir Cikarang (SGC) menjalani vaksinasi Covid-19. Diharapkan, dengan adanya pemberian vaksin kepada para pedagang ini, perputaran ekonomi bisa kembali normal. Walaupun, belum semua pedagang menjalani vaksinasi.

Deputy Bulding Manager Sentra Grosir Cikarang (SGC), Ridwan Arifin menyampaikan, vaksinasi yang dilakukan di SGC ini, ditujukan untuk para pedagang, security, pihak pengelola, termasuk UPTD Pasar, dan karyawan stasiun Cikarang, karena bertemu langsung dengan banyak orang.

Proses vaksinasi yang dimulai pukul 08:00 WIB itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Kesehatan, menyediakan slot vaksin untuk 550 orang. Tentunya, apabila dihitung secara keseluruhan jumlah pedagang yang ada, masih belum semua divaksin.

“Vaksinasi yang dilakukan di SGC slotnya 550. Untuk jumlah pedagang di SGC lebih dari 1.600. Kalau dihitung-hitung masih kurang slotnya,” ujar pria yang akrab disapa Iwang ini, Rabu (17/3).

Kata dia, untuk menentukan pedagang yang berhak mendapatkan vaksin, pihaknya harus melakukan klasifikasi untuk titik-titik lokasi yang diamanatkan oleh pemerintah, yakni pelayan publik. Seperti, tempat makanan, dan pedagang-pedagang yang sifatnya bertemu dengan banyak orang.

“Para tenan yang ada di SGC kami data per lantai. Misalkan, lantai satu berapa, dan lantai berikutnya berapa, dilakukan random saja, tergantung kebutuhan dan urgency,” beber Iwang.

Pihaknya berharap, dengan adanya vaksinasi kepada para pedagang ini, bisa berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi. Artinya, perekonomian bisa kembali normal seperti sebelumnya.

“Kami sangat mendukung vaksinasi dari pemerintah, yang tujuan-nya untuk kesehatan,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi, Masrikoh menjelaskan, pemberian vaksinisasi untuk para pedagang dilakukan oleh Puskesmas. Saat ini, vaksinasi kepada para pedagang berlangsung di 12 pasar yang ada di Kabupaten Bekasi. Untuk jumlah pedagang yang diberikan vaksin, ada sekitar dua ribu orang.

“Jumlah pedagang yang menerima vaksinasi cukup banyak, kurang lebih sekitar 12 ribu. Jadi pelaksanaan vaksin untuk para pedagang ini, dilakukan oleh Puskesmas,” terang Masrikoh.

Dia menambahkan, pelaksanaan vaksinasi untuk pedagang ini berbeda-beda waktunya, karena memang setiap Puskesmas sudah punya jadwal masing-masing. Kemudian, mengenai siapa saja yang akan menerima vaksin, teknisnya diserahkan semua ke Puskesmas.

“Untuk proses vaksinasi, diserahkan ke teman-teman di Puskesmas, karena vaksin-nya masih terbatas,” tandas Masrikoh. (pra)

Related Articles

Back to top button