Berita Bekasi Nomor Satu

Stasiun Bekasi Terapkan Tes GeNose

JALANI TES: Penumpang kereta saat menjalani tes GeNose C19 di Stasiun Bekasi, Minggu (21/3). Stasiun Bekasi mulai memberlakukan tes GeNose C19 kepada para calon penumpang kereta jarak jauh sebelum melakukan perjalanan. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI
JALANI TES: Penumpang kereta saat menjalani tes GeNose C19 di Stasiun Bekasi, Minggu (21/3). Stasiun Bekasi mulai memberlakukan tes GeNose C19 kepada para calon penumpang kereta jarak jauh sebelum melakukan perjalanan. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Stasiun Bekasi mulai menerapkan Tes GeNose C19 bagi calon penumpang kereta jarak jauh, sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19.

Penerapan itu juga berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan nomor 20 tahun 2021 tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dengan transportasi perkeretaapian pada masa pandemi Covid-19 dan SE Satgas Covid-19 nomor 5 tahun 2021.

Ditetapkan bahwa untuk menggunakan kereta api jarak jauh, pelanggan diharuskan menunjukkan hasil pemeriksaan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Dengan adanya surat edaran tersebut, di beberapa stasiun telah membuka layanan GeNose. Salah satunya di Stasiun Bekasi yang telah membuka pelayanan Tes GeNose, mulai Sabtu (20/3).

Dalam surat tertulis, Kapala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, layanan Tes GeNose di Stasiun Bekasi untuk meningkatkan layanan dan mengakomodir kebutuhan pengguna jasa Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

“Layanan Tes GeNose juga telah dibuka di Stasiun Bekasi mulai Sabtu 20 Maret 2021 kemarin,” kata Eva Chairunisa.

Lanjut Eva, perangkat alat tes GeNose lengkap dengan fasilitas pendukungnya, seperti bilik pengambilan sampel napas, perangkat komputer, ruang tunggu dan print bagi analis dan media (LCD, poster) sebagai alat sosialisasi cara melakukan tes GeNose telah tersedia di Stasiun Bekasi.

“Bagi calon penumpang KA yang akan melakukan pemeriksaan tes GeNose diwajibkan tidak makan atau minum dan tidak merokok 30 menit sebelum melakukan GeNose Test,” ucapnya.

Kemudian, PT KAI Daop 1 Jakarta kembali mengimbau calon pengguna yang akan menggunakan layanan tes di Stasiun agar melakukan pemeriksaan H-1 atau satu hari sebelum jadwal keberangkatan.

Selain itu, PT KAI Daop 1 Jakarta juga memberlakukan penyesuaian harga tes Genose untuk layanan di Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Bekasi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Terhitung 20 Maret 2021, biaya administrasi Tes GeNose mengalami penyesuaian menjadi Rp30 ribu. Yang sebelumnya hanya 20 ribu untuk tes GeNose di tiga Stasiun tersebut.

“Penyesuaian harga Tes GeNose ini sudah melalui evaluasi bersama antara PT KAI dan stakeholder yang berkerjasama dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KA dimasa pandemi,” terangnya.

Sementara, khusus untuk keberangkatan pada hari libur keagamaan dan libur panjang diwajibkan menunjukkan hasil pemeriksaan negatif screening Covid-19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

“Kita wajibkan ya untuk menunjukan Negatif Screening Covid-19 kepada penumpang Jarak Jauh,” ungkapnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin