Berita Bekasi Nomor Satu

Bulan Ramadan, Keberadaan PMKS Meningkat

MUSIMAN: Sejumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) berada di Kawasan Perumahan Prima Harapan, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Selasa (13/4). Bulan suci Ramadan keberadaan PMKS meningkat. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI
MUSIMAN: Sejumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) berada di Kawasan Perumahan Prima Harapan, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Selasa (13/4). Bulan suci Ramadan keberadaan PMKS meningkat. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Memasuki bulan suci Ramadan, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) mulai marak ditemui di sejumlah ruas jalan Kota Bekasi.

Pantauan Radar Bekasi, Selasa (13/4), PMKS terlihat di pusat keramaian hingga jalan-jalan perumahan.

Diantaranya di Jalan Prima Harapan Regensi, Kemang Pratama dan di beberapa perumahan lainnya yang ada di Kota Bekasi.

Pasalnya, PMKS terlihat duduk diam di pinggir jalan atau trotoar. Mereka hanya membawa karung kosong guna menarik simpati pengendara.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Bekasi, Abi Hurairah, membenarkan bahwa setiap bulan Ramadan fenomena keberdaan PMKS meningkat di Kota Bekasi.

Hal itu, menurutnya sudah menjadi kebiasaan saat bulan Ramadan. Karena biasanya jika terjaring kebanyakan mereka (PMKS-red) datang dari luar Kota Bekasi.

“Jika masuk bulan puasa pasti banyak PMKS yang datang ke kota Bekasi. Kebanyakan mereka dari luar daerah ya,” katanya.

Saat ini, lanjut Abi, pihaknya belum melakukan penertiban. Akan tetapi untuk monitoring terus dilakukan di setiap wilayah yang ada.

Namun, jika ada laporan pihaknya akan menindaklanjuti laporan tersebut sesuai lokasi yang dilaporkan oleh masyarakat.

Sebab, jika dibiarkan PMKS akan semakin banyak menyebar. Dan selain itu PMKS ini dapat menggangu para masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa.

“Kita setiap hari Satpol-PP diwilayah tetap melakukan monitoring. Akan tetapi kebanyak PMKS ini tau dan sembunyi sehingga tidak dapat ditertibkan,” ucapnya.

“Dengan adanya laporan dari masyarakat di beberapa titik nantinya akan kita tindak lanjuti. Jika terdapat akan kita amankan mereka dan kita serahkan ke Dinsos Kota Bekasi,” tambahnya.

Abi menambahkan, sebelum bulan puasa pihaknya juga telah menggelar razia PMKS dan telah dikirim ke Dinsos untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.

“Kita akan terus-menerus ya menggelar operasi di setiap wilayah. Supaya PMKS dan ”manusia gerobak” tidak lagi bermunculan. Pasti jika kita amankan mereka akan kita kirim ke rumah singgah dan selanjutnya di lanjutkan oleh Dinsos,” ungkapnya. (pay)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin