Berita Bekasi Nomor Satu

Marhaban Ya Ramadhan

DR.KH. Hamdani Nijan MA Dosen STAI At-Taqwa Bekasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin, kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah dan senantiasa memberikan anugrah nikmat dan karunia-Nya kepada kita semua, hingga kita tetap istiqamah dalam iman,islam dan ihsan. shalawat dan salam kita ucapkan untuk junjungan kita Nabi Muhammad Saw, keluarganya, sahabatnya serta siapa saja yang berada didalam dakwahnya. Amin,.

Syeikh Usman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakir al-Khaubawiyyi dalam kitabnya Durratun Nasihin menyatakan bahwa Allah SWT berfirman kepada Nabi Musa as : ”Aku telah memberi dua cahaya pada ummat Muhammad Saw agar mereka tidak mengalami kegelapan.” Nabi Musa as bertanya kepada Allah. “Apa dua cahaya itu wahai Tuhanku ?“ yaitu cahaya bulan Ramadhan dan al-Qur’an.

Ramadan kini sudah semakin dekat, ibarat seorang tamu, ia sudah memasuki halaman kita.Maka siapakah yang suka menerimanya sebagai tamu di rumahnya dan siapakah yang memang mencari tamu tersebut, ingatlah bahwa Ramadan itu bukan tamu biasa ,ia adalah tamu yang luar biasa, pembawa pahala yang besar, yang akan diberikan kepada siapa-siapa saja yang menepati kewajiban yang dipikulkan kepadanya serta yang ingin memperbanyak amalannya, baik diwaktu siang ataupun malam, Ramadhan adalah bulan berkah, rahmat, dan kebahagiaan.

Betapa perlunya kita merenung sejenak untuk bersiap-siap menyambutnya berikut kebaikan kebaikan yang terkandungnya, di bulan ini Allah menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia. An-Nakha’I juga mengatakan “ Puasa satu hari di bulan Ramadhan lebih baik dari pada seribu hari dibulan lain ,satu kalimat tasbih didalamnya lebih utama daripada seribu kalimat tasbih di bulan lain ,dan satu rakaat didalamnya lebih utama daripada seribu rakaat (di bulan lain ).

Demi zat Allah SWT, menjadikan bulan ini sebagai bulan yang agung, memberikan keistimewaan yang banyak sekali kepadanya, serta menjadikannya sebagai salah satu fase kehidupan yang paling berharga dan stasiun perjalanan diatas jalan hidup yang lurus. Pada bulan ini seorang muslim mencurahkan sebagian besar perhatiannya kepada Allah. Akherat, dan peningkatan ruhani sebelum peningkatan materi, ia adalah bulan rohani, bulan kebersihan jiwa, bulan munajat, serta waktu untuk menghadap kepada Allah, memohon pertolongan dari yang Maha Tinggi lagi Maha Besar. Ia adalah bulan yang mempunyai banyak keistimewaan. ( QS, Al- Baqarah 185)

“ (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

Disebutkan dalam Shahih al- Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra dari Nabi Saw beliau bersabda : “Setiap pahala kebaikan amal anak Adam dilipatgandakan sepuluh kali lipatnya menjadi 700 kali lipat, kecuali puasa. Sesungguhnya ia – kata Allah SWt untuk- Ku dan Akulah yang akan membalasnya sendiri. Sebab ia tinggalkan syahwat kesenangan, makanannya dan minumannya demi Aku. Orang puasa memilki dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa Tuhannya. Dan sungguh bau mulut orang puasa lebih wangi menurut Allah daripada aroma minyak misik.”
Banyak hadist yang menarik kita, agar memperhatikan keutamaan bulan ini, ketinggian kedudukannya, kemuliaan hari-harinya dan besarnya nilai taubat didalamnya, sehingga memacu kita untuk menyiapkan diri menjemputnya serta menyadari bahwa perniagaan didalamnya pasti mendatangkan keuntungan. Waktu-waktu yang akan berlalu didalamnya sangat berharga ,dan kesempatan yang ada adalah kesempatan emas. hendaknya kita berusaha agar tidak ada waktu yang berlalu tanpa amal shaleh.(bersambung)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin