Berita Bekasi Nomor Satu

Keutamaan Ramadan (2 habis)

DR.KH. Hamdani Nijan MA Dosen STAI At-Taqwa Bekasi

Keempat : Syahrul Rahmah (Bulan Rahmat ) pada bulan  ini Allah menurunkan rahmat yang banyak dibanding bulan bulan yang lain, dilimpahkannya rahmat kepada hambaNya dengan penuh kasih saying.

Kelima : Syahrul Magfirah (Bulan Ampunan ). Pada bulan Ramadhan ini ampunan Allah berlipat ganda kepada insan mukmin yang giat ibadah pada siang dan malamnya.keenam : syahrus sabar (Bulan sabar )Puasa dikecualikan dari amalan-amalan yang dilipatgandakan pahala kebaikannya. Jika seluruh amal perbuatan manusia dilipatgandakan sepuluh kali lipat hingga tujuh ratus kali lipatnya,maka puasa tidak terbatas pelipatgandaannya oleh bilangan . Akan tetapi Allah akan melipatgandakannya secara berlipat-lipat tanpa batasan jumlah karena puasa merupakan salah satu bentuk kesabaran (dengan berpantang meninggalkan makan ,minum dan syahwat kesenangan ).QS. Az-Zumar ayat 10 : “ Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu”. orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”.

Ada sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa Nabi  Saw menyebut Ramadhan sebagai bulan kesabaran .Penegasan ini dikemukakan dalam hadisnya  “Puasa adalah separuh kesabaran” (HR.at-Tirmidzi ).Sabar ada tiga macam; kesabaran menjalankan ketaatan kepada Allah,kesabaran menjauhi larangan –larangan Allah .dan kesabaran melakoni takdir-takdir Allah yang menyakitkan. Ketiga jenis kesabaran ini menyatu dalam laku puasa.Puasa mengandung kesabaran dalam menjalankan ketaatan kepada Allah ,kesabaran menjauhi apa-apa yang diharamkan Allah  bagi orang yang berpuasa dari berbagai syahwat dan kesenangan ,dan kesabaran menanggung derita lapar dan dahaga, serta kelemahan jiwa dan badan yang dialami setiap orang yang berpuasa.Dalam hadist riwayat Salman yang dilansir oleh Ibnu Khuzaimah dalam shahih-nya, Rasulullah Saw bersabda : “ Ia adalah bulan kesabaran ,dan buah pahala kesabaran adalah surga”

ketujuh : Sahrun Najah,( Bulan Pelepasan ),Yaitu bulan pelepasan para manusia dan jin dari azab neraka,dikuncinya semua pintu neraka dan dibukanya semua pintu surga,ditebarkan nikmat dan kebaikan bulan Ramadhan adalah bulan pelepasan dari azab  neraka,karena itu orang bergairah dan giat beramal “ .Sabda Rasulullah Saw  “Seandainya manusia mengetahui kebaikan kebaikan dalam bulan Ramadhan , niscaya mereka berharap agar seluruh tahun menjadi bulan Ramadhan “   Dari Ibnu Abbas ra. Rasul Saw bersabda: “  

kedelapan :syahrul- Muwasah (Bulan Pertolongan ). Yaitu bulan dimana terbuka peluang turunnya pertolongan dari Allah kepada siapa saja yang memerlukan pertolongan dan menyeru kepada Allah agar terbebas dari kesusahan,kesulitan  serta himpitan persoalann hidup.

Kesembilan : Syahrut Tikawah  (Buan Tilawah al- Qur’an ). Yaitu bulan dianjurkan atau digalakkan membaca al-Qur’an ,menghatamkan bacaan al-Qur’an dan mencari jatidirinya sebagaimana digambarkan juz al-Qur’an  sehingga mendapatkan pencerahan dan kebangkitan semangat hidup

Kesepuluh: Syahrul-Jud (Bulan Ikhlas ). Yaitu bulan dikembangkannya rasa tulus ikhlas antar sesama manusia dan dilimpahkan bantuan kepada mareka yang berhak menerimanya ,sebagai bulan bermurah hati dan bermurah tangan.

Kesebelas :Syahrul ied (Bulan berbuka ) yaitu bulan yang didalamna ada saat berbuka dan bulan yang diakhiri dengan berbuka (idul Fitri )kembali kepada fitrah ,suci kembali seperti ketika baru lahir. (*)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin