Berita Bekasi Nomor Satu

Bijak Konsumsi Makanan

dr. Jufriza Fathoni, MARS

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Berpuasa di tengah Pandemi Covid-19 ini sudah berjalan di dua kali momentum Ramadan. Tentunya asupan makanan saat sahur dan berbuka penting diperhatikan supaya tubuh tetap prima.

Selain itu, masyarakat juga harus selektif dan bijak dalam mengkonsumsi makanan dan tidak berlebihan.

Kepala Divisi Medik Primaya Hospital Bekasi Utara, dr. Jufriza Fathoni, MARS, menyampaikan, kandungan karbohidrat dan protein untuk makanan yang dikonsumsi penting guna menjaga daya tahan tubuh.

“Saya sarankan makanlah yang karbohidrat tinggi. Makanan tersebut berupa, ubi, jagung, singkong, roti dan juga nasi merah,” kata Jufriza kepada Radar Bekasi, Rabu (21/4).

Umumnya kata dia karbohidrat yang kerap dikonsumsi berupa nasi. Namun untuk mendukung itu bisa memperhatikan asupan karbohidrat lain seperti yang ia disebutkan.

Kemudian, selain karbohidrat tubuh juga butuh protein, buah dan sayuran. Serta air putih yang cukup untuk menjaga stamina saat berpuasa.

“Kita juga harus hindari makanan yang berminyak. Bukan berarti setop makanan berminyak hanya saja lebih dikurangi lagi konsumsinya,” ujarnya.

Apabila tubuh mengkonsumsi minyak secara berlebihan, di akuinya, dapat menyebabkan tubuh gampang terserang penyakit. Penyakit yang biasa di derita jika kebanyakan mengkonsumsi makanan berminyak seperti meningkatnya kadar kolesterol dan radang tenggorokan.

“Efeknya meningkatkan kolesterol, radang tenggorokan. Apalagi dimasa Pandemi ini, radang tenggorokan gejalanya mirip-mirip dengan gejala Covid-19,” jelasnya.

Maka dari itu, ia berpesan kepada masyarakat agar dapat memilih makanan yang dikonsumsi. Dengan demikian tubuh dapat mengantisipasi gejala seperti itu tidak muncul.

Saat berbuka puasa juga dirinya menyarankan, berbuka dengan makanan manis dan tidak berlebihan. Apabila berlebihan akan membuat tubuh lemas.

“Saya harap masyarakat lebih bijak dalam mengkonsumsi makanan saat saur dan juga berbuka puasa. Biasanya kalau kita konsumsi protein dan karbohidrat yang cukup tubuh kita tetap kuat dan semangat dalam menjalankan ibadah puasa,” tutupnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin