Berita Bekasi Nomor Satu

Siapkan Enam Titik Pasar Murah

PERTAMA: Operasi pasar murah pertama berlangsung di halaman kantor Kecamatan Bekasi Utara, Rabu (21/4). IST/RADAR BEKASI
PERTAMA: Operasi pasar murah pertama berlangsung di halaman kantor Kecamatan Bekasi Utara, Rabu (21/4). IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Guna mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok selama Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, operasi pasar murah dilakukan Pemerintah Kota Bekasi.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bekasi, Kariman mengatakan, harga kebutuhan pokok biasanya akan melonjak saat Ramadan dan Idul Fitri. Hal ini tentunya mendapat perhatian khusus dari pemerintah karena akan berdampak kepada masyarakat.

“Menjadi perhatian khusus dari pemerintah. Mengingat bulan Ramadan saat ini dalam kondisi prihatin, dampak dari kondisi pandemi masih begitu terasa bagi masyarakat maka operasi pasar murah dapat membantu menstabilkan harga kebutuhan pokok,” jelas Kariman.

Menurut Kariman, kenaikan harga sejumlah komoditas juga bisa membuat inflasi semakin meninggi sehingga Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) perlu melakukan upaya antisipasi untuk meredam kenaikan harga-harga.

” Kami lakukan operasi pasar murah sebagai salah satu upaya untuk membantu menekan laju inflasi di Kota Bekasi,” ujar Kariman.

Kebutuhan sembako menjadi fokus pasar murah dalam upaya pengendalian harga yang selalu naik saat Ramadan dan Idul Fitri.

“Bahan pokok menjadi fokus utama, tapi tak menutup kemungkinan keperluan kebutuhan masyarakat jelang hari raya Idul Fitri ada di operasi pasar murah. Tentunya kerjasama antara pemerintah dan para pelaku usaha,” kata Kariman.

Dijelaskannya dinas terkait akan bekerjasama dengan beberapa pihak supaya operasi pasar murah dapat berjalan optimal dan tidak menimbulkan kerumunan.

Pihaknya mencatat ada enam lokasi pasar murah yang disiapkan. Pertama pada 21 April 2021 pasar murah berlangsung di Halaman Kecamatan Bekasi Utara. Jumat 23 April 2021 di halaman Kecamatan Rawalumbu. Senin 26 April 2021 di halaman Kelurahan Pedurenan. Kamis 29 April 2021 di halaman Kecamatan Jatisampurna. Senin 3 Mei 2021 di halaman Kecamatan Jatiasih dan Rabu 5 Mei 2021 di halaman Kecamatan Bekasi Selatan. (one/hms)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin