Berita Bekasi Nomor Satu

Optimalkan Peran Masjid untuk Lingkungan

BANK SAMPAH: Wakil Wali Kota Bekasi ketika berada di dekat Bank Sampah yang ada di Masjid Baitul Ma’mur, Telaga Sakinah, Kabupaten Bekasi pada agenda kunjungan Rabu (21/4). IST/RADAR BEKASI
BANK SAMPAH: Wakil Wali Kota Bekasi ketika berada di dekat Bank Sampah yang ada di Masjid Baitul Ma’mur, Telaga Sakinah, Kabupaten Bekasi pada agenda kunjungan Rabu (21/4). IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto berkesempatan mengunjungi  Masjid Baitul Ma’mur Telaga Sakinah Kabupaten Bekasi (21/4). Ya, masjid tersebut menerapkan program Eco Masjid.

Masjid Baitul Ma’muur memiliki beberapa program kegiatan, diluar kegiatan ibadah. Program tersebut diberi nama Eco Masjid, masjid yang ramah lingkungan, masjid yang memberi manfaat bagi lingkungan sekitar.

Berawal dari rasa kepedulian yang tinggi terhadap masjid dan lingkungan, relawan Home Hasanah Community (H2c) mencoba mengadopsi dari masjid fenomenal yang ada di Jogja, dimana program tersebut akan diterapkan secara bertahap.

Program yang sudah berjalan ialah, pemanfaatan bank sampah, ATM beras bagi warga yang kurang mampu, dan sepanjang bulan suci ramadan ada program berbagi buka puasa bersama.

Ada pula program belajar mengaji yang dalam  pembelajaran, pembayaran iurannya dengan mensedekahkan sampah yang ada dirumah dan juga sampah yang ada dijalan. Sampah tersebut akan dikelola menjadi kompos, barang daur ulang, dan juga limbah.

Tri Adhianto memberi apresiasi kepada pengurus DKM Masjid Baitul Ma’muur dan juga relawan H2c yang telah berupaya mensejahterakan masjid dan juga lingkungan.

“Apresiasi dari saya kepada pengurus DKM dan H2c, semoga segala bentuk kegiatan yang dilakukan menjadi nilai kebaikan bersama, jika mau lebih ditingkatkan lagi tingkatkan lagi kedaulatan pangannya, dari instalasi hidroponik, budidaya maggot dan masih banyak lagi program-program yang bermanfaat lainnya,”paparnya.

Tri berharap kesejahteraan Masjid Baitul Ma’mur dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan, dan bisa menjadi contoh bagi masjid-masjid lainnya termasuk di Kota Bekasi. (one/hms)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin