Berita Bekasi Nomor Satu

1 Mei, 50 Ribu Buruh Turun ke Jalan

TUNTUT UMK: Sejumlah buruh melakukan aksi di Kantor Pemerintah Kabupaten Bekasi, Desa Sukamahi, Cikarang Pusat, Kamis (5/11). Aksi para buruh itu menuntut kenaikan UMK 2021 di Kabupaten Bekasi. ARIESANT/RADAR BEKAA
TUNTUT UMK: Sejumlah buruh melakukan aksi di Kantor Pemerintah Kabupaten Bekasi, Desa Sukamahi, Cikarang Pusat, Kamis (5/11). Aksi para buruh itu menuntut kenaikan UMK 2021 di Kabupaten Bekasi. ARIESANT/RADAR BEKAA

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Sedikitnya 50 ribu buruh akan beraksi di Hari Buruh atau May Day yang jatuh pada 1 Mei 2021. Mereka berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan sebanyak 50 ribu buruh akan mengikuti aksi May Day 2021.  “Khusus KSPI, aksi May Day akan diikuti sekitar 50 ribu buruh. Yang sudah tercatat dan yang dilakukan pendataan lebih dari 50 ribu buruh di 24 provinsi, di 200 kabupaten/kota,” katanya, Selasa (27/4).

Dikatakannya, peserta buruh dari anggota KSPI berasal dari sekitar 3 ribu pabrik yang tersebar di 24 provinsi. Dia juga menyebut, pusat peringatan Hari Buruh Nasional dilakukan di depan Istana Merdeka dan gedung Mahkamah Konstitusi.

Sementara di tingkat daerah, aksi akan dilakukan di depan kantor gubernur, bupati dan wali kota di masing-masing daerah.

“Yang lainnya, karena ini masih pandemi Covid-19, puluhan ribu buruh lagi juga akan melakukan aksi di depan pabrik atau perusahaannya masing-masing bekerja,” ujarnya.

Terkait jumlah buruh yang melakukan aksi di lapangan, KSPI masih terus berkoordinasi dengan aparat keamanan. Selain itu juga koordinasi dengan Satgas Covid-19.

BACA JUGA: Posko THR Terima 194 Laporan

“Dipastikan semua aksi buruh baik di pusat maupun daerah akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” ujarnya.

KSPI bersama Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) pimpinan Andi Gani juga tengah berkoordinasi agar perwakilan buruh dapat diterima pemerintah.

“Setidaknya bisa diterima oleh Menteri Sekretaris Negara atau Menteri Sekretaris Kabinet. Syukur-syukur kami berharap Bapak Presiden Jokowi bisa menerima delegasi buruh,” harapnya.(oke/fin)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin