MudikNasional

Cegah Kerumunan Pemudik, Polisi Buka Tutup Penyekatan Arus Mudik

KERUMUNAN MASSA : Sejumlah petugas kepolisian saat melakukan penyekatan mudik di Kedungwaringin Kabupaten Bekasi, Selasa (11/5) malam. Meskipun sudah diberlakukan buka tutup penyekatan, penumpukan pemudik roda dua tidak terhindarkan. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, KEDUNGWARINGIN – Penyekatan pemudik di Bekasi dilakukan berkala. Terkadang, petugas melakukan buka tutup penyekat menghindari kerumunan arus mudik yang didominasi roda dua. Seperti yang terjadi di Jalan Pantura, Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi.

Setiap pengendara yang diidentifikasi sebagai pemudik dilakukan pemeriksaan kelengkapan surat tugas atau Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) sebagai salah satu syarat melakukan perjalanan dengan alasan yang telah dikecualikan.

Satu ruas jalan ditutup oleh petugas menggunakan pembatas jalan, hanya pelaku perjalanan yang memenuhi syarat diizinkan melanjutkan perjalanan.

“Kalau situasinya makin lama makin meningkat, karena dekat mudik (hari raya),” kata Kapospam Kedungwaringin, AKP Albarzani, Selasa (11/5/2021).

Untuk mengantisipasi membludaknya pemudik di sekitar titik penyekatan, petugas memberlakukan buka tutup secara berkala. Total 300 petugas gabungan diterjunkan di titik penyekatan untuk menghalau para pemudik yang masih nekat melakukan perjalanan menuju kampung halaman.

“Kita buka tutup untuk menghindari kerumunan. Kan kerumunan dilarang, sengaja kita lepas karena membatasi orang jaga jarak, disana (Karawang) nanti kan disekat lagi, diputar balikkan lagi,” tambahnya.

Petugas juga nampak berjaga di ruas jalan arah berlawanan untuk mengantisipasi pemudik yang melawan arus menghindari penyekatan.

Pantauan Radar Bekasi, pukul 21.30 WIB petugas membuka titik penyekatan untuk mengurai kepadatan pengendara. Sebelum dibuka, pemudik menggunakan kendaraan roda dua sempat berhenti di sepanjang bahu jalan. Pemudik sempat bersorak mengucapkan terimakasih kepada petugas lantaran titik penyekatan dibuka sebelum akhirnya kembali menemui titik penyekatan selanjutnya di pos penyekatan Tanjungpura, Karawang.

Setelah beberapa saat kepadatan terlihat dari titik penyekatan di Kedungwaringin, petugas kembali menutup ruas jalan menggunakan pembatas jalan. Kepadatan yang nampak setelah titik penyekatan nampak karena penyekatan dilakukan di pos selanjutnya, Tanjungpura, Karawang. (sur)

Related Articles

Back to top button