Berita Bekasi Nomor Satu

Selamat Jalan Pak WW, Sosok Idealis nan Jenaka

Jubir Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur) Wimar Witoelar wafat di RS Pondok Indah, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Foto istimewa.
Jubir Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur) Wimar Witoelar wafat di RS Pondok Indah, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Foto istimewa.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA-Juru Bicara Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur) Wimar Witoelar menghembuskan napas terakhirnya di RS Pondok Indah. Ia sebelumnya dirawat dan sempat kritis karena  mengalami sakit akibat mengalami sepsis atau komplikasi akibat infeksi.

Putri Gus Dur, Zannubah Ariffah Chafsoh (Yenny Wahid) menyampaikan rasa duka yang mendalam kepergian Wimar Witoelar. Menurut Yenny, Wimar selama ini dikenal sebagai tokoh yang jujur dan jenaka.

“Sebuah duka cita mendalam bagi kami atas berpulangnya sahabat kami Pak Wimar. Beliau seorang yang idealis namun mampu menyampaikan ide-idenya dengan jenaka. Selamat jalan Wimar Witoelar, we’ll miss you,” ujar Yenny, dikutip dari JawaPos.com, Rabu (19/5/2021).

Yenny mengatakan, Wimar pernah mendirikan Partai Orang Biasa sebagai sebuah simbol protes terhadap sistem politik Indonesia yang hanya dikuasai oleh elit partai saja.

“Konsistensi beliau dalam mengkritisi yang berkuasa untuk menyuarakan kepentingan rakyat , serta komitmen beliau untuk selalu berjuang bagi demokrasi adalah warisan nilai yang ditinggalkannya,” katanya.

Menurut Yenny semasa menjadi Juru Bicara Presiden Gus Dur, Wimar selalu menjelaskan kebijakan sang ayah terhadap dunia internasional. Bahkan Wimar pernah menulis buku ‘No Regret’ yang menjelaskan banyak hal tentang pengalaman beliau mendampingi Gus Dur.

“Wimar Witoelar dan Gus Dur punya kepolosan yang membuat orang jatuh hati pada mereka,” ungkapnya.

Diketahui, selain sebagai Juru Bicara Kepresidenan periode 2000-2001, pria yang akrab disapa Pak WW ini juga dikenal sebagai presenter televisi program Perspektif dan Selayang Pandang pada era Orde Baru.

Wimar lahir di Padalarang, Jawa Barat, 14 Juli 1945 itu juga merupakan adik Rachmat Witoelar, Menteri Negara Lingkungan Hidup RI pada Kabinet Indonesia Bersatu.

Wimar juga dikenal sebagai kolumnis media massa lokal dan internasional (Today, Business Week, News week, Australian Financial Review), komentator TV (ABC, CNBC, CNN), serta kerap menjadi pembicara politik dan ekonomi dalam acara internasional. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin