Berita Bekasi Nomor Satu

PAT Daring Delapan Hari

ILUSTRASI: Siswa SMAN 11 Kota Bekasi saat mengikuti pembelajaran secara daring, belum lama ini. DOKUMEN/RADAR BEKASI
ILUSTRASI: Siswa SMAN 11 Kota Bekasi saat mengikuti pembelajaran secara daring, belum lama ini. DOKUMEN/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun ajaran 2020/2021 tingkat SMA di Kota dan Kabupaten Bekasi akan dilaksanakan pada Juni secara daring selama delapan hari, lebih lama dari sebelumnya. Selain banyaknya mata pelajaran, juga karena dilakukan secara daring.

Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Bekasi Sayuti menjelaskan, kalender pendidikan menjadi patokan pelaksanaan RAT. Waktu pelaksanaannya dapat dilakukan lebih awal.

“Pelaksanaan PAT dapat diselenggarakan jika kurikulum pembelajarannya sudah tuntas. Bisa memulai sebelum tanggal 7, jadi lebih awal. Karena kalender pendidikan hanya menjadi patokan pelaksanaan,” ujar Sayuti kepada Radar Bekasi, Rabu (26/5).

Lebih lanjut dikatakan, satu bulan sebelum pelaksanaan PAT sekolah sudah menganalisis untuk pembuatan kisi-kisi dan soal ujian. “Ketika kedua itu sudah dilakukan, maka kita akan melakukan revisi, apakah soal tersebut sudah sesuai dengan kisi-kisi yang dibuat atau belum,” imbuhnya.

Pembuatan soal ujian diawasi oleh pengawas sekolah masing-masing. Dalam pelaksanaannya nanti, wali kelas ditugaskan untuk mengawasi seluruh siswa agar mengikuti ujian.

Terdapat 16-17 mata pelajaran dalam PAT. Mata pelajaran disesuaikan dengan kelompoknya masing-masing, yaitu kelompok A mata pelajaran umum, kelompok B mata pelajaran kompetensi dan kelompok C mata pelajaran mulok.

“Jadi mata pelajarannya di kelompokkan, kalo umum itu semua siswa mendapatkan. Kalo kompetensi ya disesuaikan dengan jurusannya, misal IPA atau IPS dan yang terakhir muatan lokal itu kayak Kewirausahaan atau Bahasa Asing,” ucapnya.

Pelaksanaan PAT yang rencananya akan dilaksanakan secara daring ini memakan waktu lebih lama elama delapan hari. Dari umumnya hanya satu minggu.

“Biasanya pelaksanaan PAT selama satu minggu, tetapi karena ini online dan jumlah mata pelajaran yang cukup banyak kita akan melaksanakannya selama 8 hari,” jelasnya.

Adapun jumlah soal per mata pelajaran 30-45 dengan waktu pengerjaan antara 90 — 120 menit. Lamanya pengerjaan dan jumlah soal disesuaikan dengan tingkat kesulitannya.

“Semuanya disesuaikan dengan tingkat kesulitan mata pelajaran, kalo soalnya susah kayak hitung-hitungan paling 30 soal dengan waktu pengerjaan 120 menit. Seperti itu,” tuturnya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua MKKS SMA Kota Bekasi Ekowati. Ia menyampaikan, bahw kalender pendidikan hanya menjadi patokan dalam pelaksanaan RAT.

“Di kalender pendidikan tanggal 7, kita berpatokan pada itu. Tetapi dalam pelaksananya dapat lebih awal atau lebih lambat,” ucapnya.

Menurutnya, PAT tidak akan diselenggarakan secara serentak. Pasalnya, ketercapaian dalam kurikulum pembelajaran pada masing-masing satuan pendidikan berbeda.

“Memang tidak serentak. Ada yang sudah dan ada yang belum, tetapi rata-rata mungkin akan dilaksanakan pada awal Juni,” tukasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin