Pendidikan

Taekwondo Latih Kemandirian

Alif Muhammad Ilham

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Alif Muhammad Ilham merupakan siswa SDN Jatiasih IV Kota Bekasi yang aktif dalam ekstrakurikuler Taekwondo. Pelajar berusia 12 tahun ini mengaku sosok anak yang manja.

Oleh karena itu, ekstrakurikuler dipilihnya sebagai salah satu kegiatan untuk melatih kemandiriannya. “Dulu aku salah satu anak yang manja kata mamah, makanya waktu kelas 1 SD aku disuruh ikut ekskul. Katanya biar aku mandiri,” ungkap siswa kelas IV ini.
Saat mengikuti ekstrakurikuler Taekwondo, Alif-begitu ia disapa- mulai menunjukkan sikap kemandirian dan tanggung jawabnya sebagai seorang pelajar.
“Sifat pemalu dan sedikit manja aku ini memang terbukti hilang dengan kegiatan ekskul yang aku ikuti. Aku bener-bener mulai tertarik dan menjadi siswa yang lebih bertanggung jawab terhadap diri sendiri,” tuturnya.
Selama pandemi ia hanya aktif mengikuti latihan di luar sekolah yaitu dua kali dalam seminggu. Latihan dilakukan pada Jumat dan Minggu di perguruan dojang bernama Atia Lanal.
Sebelum pandemi, dirinya aktif mengikuti beberapa perlombaan. Antara lain, Piala Kang UU Wagub Jabar di GOR Arcamanik Bandung pada Maret 2020. Dalam ajang itu, ia berhasil meraih 2 medali emas.
“Itu benar-benar jadi pengalaman terakhir aku mengikuti event di luar dan setelah itu hanya mengikuti event-event antar dojang aja,” ucapnya.
Selain aktif itu, ia juga aktif mengikuti sejumlah ekstrakulikuler lain. Seperti Pramuka dan Paskibra. Baginya, dengan memperbanyak kegiatan ia akan lebih banyak mendapatkan pengalaman dan lebih mandiri.

“Fokus ku memang menjadi atlit internasional, tapi aku juga ingin mengasah kemampuan dalam kegiatan lain. Makanya aku juga aktif di beberapa kegiatan ekskul lain,” ungkapnya.
Sederet prestasi Taekwondo telah diraihnya. Antara lain, juara 1 Atia Lana Ratia Independen Cup 2016, meraih medali emas Kejuaraan Nasional UTI Pro Bela Negara-Jabar Open 2020, juara 1 Poomsea Pemula Individual Under 13 Kg putra, juara 1 Kyurugi Pemula ICTU-C 30 Kg putra.
“Sebenarnya pengalaman aku masih banyak yang di dalam, untuk yang di luar baru beberapa. Makanya aku ingin sekali pandemi ini segera berakhir, sehingga pengalaman ku mengikuti event di luar bisa dilakukan kembali,” tukasnya. (dew)

Related Articles

Back to top button