Berita Bekasi Nomor Satu

Anggaran Perawatan dan Pembuatan Taman Baru Rp4 Miliar

PAGAR ROBOH: Seorang warga berjalan di samping pendestrian taman Alun-alun Kota Bekasi, yang kondisi pagarnya sudah roboh dan tidak terawat di Jalan Veteran Margajaya Bekasi Selatan, Rabu (2/6). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI
PAGAR ROBOH: Seorang warga berjalan di samping pendestrian taman Alun-alun Kota Bekasi, yang kondisi pagarnya sudah roboh dan tidak terawat di Jalan Veteran Margajaya Bekasi Selatan, Rabu (2/6). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA), akan membuat taman baru di lingkungan warga, termasuk menata taman yang sudah ada saat ini.

“Untuk 2021 ini akan ada penataan dan pembuatan taman baru sekitar 30an yang tersebar di Kota Bekasi,” ujar Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) dan Taman pada BMSDA Kota Bekasi, Pradi Santoso saat dihubungi Radar Bekasi, Rabu (2/6).

Kata dia, kebanyakan taman baru yang akan dibuat belum ada namanya, sehingga datanya tidak terinci. Akan tetapi, lokasinya jelas dan tersebar di beberapa wilayah.

“Kalau taman baru itu akan dibuat di perumahan dan lingkungan warga. Sedangkan untuk panataan juga sama, kebanyakan di lingkungan warga,” terang Pradi.

Ia menjelaskan, untuk penataan dan pembuatan taman baru tahun ini, Pemkot Bekasi hanya menganggarkan sebesar Rp3 miliar sampai Rp4 miliar.

Anggaran tersebut, kata Pradi, akan tersebar di beberapa titik yang sudah didata. Namun, pekerjaan untuk penataan taman dan pembuatan taman baru belum ada yang dimulai.

“Untuk pengerjannya belum ada yang dimulai. Sebab, itu merupakan pengajuan dari masyarakat dan ada juga dari Rencana Renja (Renja) BMSDA Kota Bekasi,” ucap Pradi.

Lanjutnya, untuk pengelolaan taman yang ada merupakan tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Salah satunya, Hutan Kota, Taman Duta Harapan dan lainnya.

“Jika ada kerusakan atau yang lain-nya, maka DLH yang akan menindaklanjuti. Dan kami sendiri, hanya merawat taman-taman kecil saja dengan luas hanya 200 meter dan taman sport jalan,” terangnya.

Pribadi juga menyampaikan, dalam waktu dekat ini pihaknya tidak hanya membuat taman baru dan melakukan penataan, tapi juga akan membuat area untuk bermain BMX, Basket, Skateboard di beberapa lokasi.

Salah satunya, di bawah flay over Cipendawa. Sedangkan di Jatissih dan yang lain sudah ada. Menurut Pradi, fasilitas tersebut akan bisa dimanfaatkan para anak-anak muda untuk beraktivitas dan berolahraga.

“Kami berharap ada peran dari masyarakat dalam merawat taman yang ada. Sehingga, keberadaan taman-taman tersebut bisa dinikmati banyak orang,” tandasnya. (pay)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin