Pendidikan

Aktif Ikut Lomba

Nabilah Alinda Heriyanto

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Nabilah Alinda Heriyanto (14) merupakan pelajar kelas VIII SMPN 3 Kota Bekasi. Perempuan berhijab ini aktif mengikuti berbagai perlombaan.

Nabila-begitu ia disapa- aktif mengikuti lomba sejak masih duduk di bangku SD. “Sejak SD saya sudah sering tampil dalam berbagai lomba dan kegiatan mewakili sekolah. Semuanya berkesan untuk saya,” ungkapnya.

Paling berkesan saat lomba yang diikuti pada 2017 lalu. Betapa tidak, ketika itu dirinya berhasil meraih juara lima besar lomba siswa berprestasi se-Kecamatan Bekasi Utara.

“Saya ngerasa event ini yang sangat cukup berkesan, karena dari seleksi dan persiapannya sungguh ketat. Salah satu persiapannya adalah melakukan latihan soal dari berbagai mata pelajaran setiap hari,” katanya.

Selain itu melatih keterampilan memainkan alat musik, juga membuat percobaan untuk membuat barang bekas menjadi sebuah barang yang dapat digunakan kembali.

“Jadi bukan cuman belajar doang yang saya siapkan, tapi beberapa hal yang menurut saya itu menantang juga dites. Dan kebetulan waktu itu juga saya terpilih menjadi polisi cilik di Polres Kota Bekasi, benar-benar harus pintar-pintar bagi waktu,” tuturnya.

Baginya, membagi waktu adalah hal yang paling sulit saat itu. Namun dirinya cukup senang dapat berkembang mengasah keterampilan serta mendapatkan pengalaman baru dari sejumlah kegiatan yang dijalani.

“Waktu itu saya menjadi salah satu orang yang ngerasa kesulitan untuk membagi waktu, tapi Alhamdulillah dari situ saya bisa mendapatkan pelajaran. Sehingga sekarang bisa mengikuti sejumlah kegiatan organisasi di sekolah,” ungkapnya.

Saat ini, dirinya aktif dalam kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan menjadi pengurus serta aktif dalam forum organisasi anak Kota Bekasi. Menurutnya kegiatan-kegiatannya saat ini sangat memberikan kesempatan untuk melatih kemampuan nonteknis pada dirinya.

“Benar-benar bisa membantu mengembangkan kemampuan saya, seperti public speaking, time management dan berkolaborasi dalam mensukseskan suatu kegiatan,” katanya.

Ia menyadari bahwa untuk menjadi seseorang yang sukses di masa mendatang bukan hanya mengandalkan kecerdasan intelektual, akan tetapi memiliki kecerdasan emosional dan spiritual yang baik juga diperlukan.

“Saya sebagai generasi penerus bangsa, tentu ingin menjadi salah satu yang bisa ikut memajukan dan mengharumkan nama negara. Dan hal itu saya mulai dari hal yang terkecil dahulu,” tukasnya. (dew)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button