Cikarang

Pemprov Jabar Siapkan Tiga Nama Pj Bupati Bekasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) sedang mempersiapkan proses administrasi untuk mengisi Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, sambil menunggu proses paripurna tentang pemberhentian Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja (alm), karena meninggal dunia.

“Pj ini yang menentukan Pak Gubernur, dan nanti diajukan tiga nama yang memenuhi syarat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Tapi, harus terlebih dahulu diadakan paripurna, pemberhentian bupati,” ujar Kepala Bagian Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Imam, saat dihubungi, Rabu (14/7).

Kata Imam, jika sudah ada surat pemberhentian bupati oleh DPRD Kabupaten Bekasi, maka Pemprov Jabar akan berkonsultasi dengan Kemendagri.

”Kalau hasil konsultasi dengan Kemendagri tidak ada titik temu mengenai wakil bupati, maka lanjut pengusulan Pj Bupati Bekasi, jadi prosesnya simultan. Di mana, akan ditentukan satu pejabat dari tiga pejabat yang telah diajukan sebagai Pj Bupati Bekasi,” terang Imam.

Menurut dia, untuk saat ini, masalah wakil bupati Bekasi terpilih yang juga belum dilantik, bukan lagi menjadi kewenangan Pemprov Jabar.

“Kalau wakil bupati, bukan kewenangan kami lagi, karena itu sudah ditarik oleh Kemendagri. Bisa saja jadi bupati, kalau Kemendagri menyetujui, nanti di DPRD akan dilakukan paripurna pemberhentian bupati, lalu dilakukan penetapan wakil bupati, dan langsung ditetapkan jadi bupati Bekasi. Soal siapa yang akan jadi bupati, ada dua opsi, yaitu persetujuan dari Mendagri, soal pengesahan wakil bupati, itu hasil paripurna DPRD yang kemudian jadi bupati definitif, atau Pj Bupati yang diusulkan Gubernur dari Aparatur Sipil Negara (ASN),” ucap Imam.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN Kholik menyampaikan, pihaknya sudah melakukan pertemuan virtual dengan Pemprov Jabar, di mana ada beberapa yang ditanyakan. Salah satunya, terkait pelantikan wakil bupati terpilih.

“Kami akan paripurna terlebih dahulu soal pemberhentian almarhum bupati. Setelah itu, kami baru berkirim surat dan memberi penjelasan terkait belum dilantiknya wakil bupati terpilih,” terang Kholik (and)

Related Articles

Back to top button