Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Anak-anak Kota Bekasi saat ini adalah Para Pemimpin di Masa depan

Chairoman J Putro
Chairoman J Putro

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Selamat Hari Anak Nasional (HAN) 2021 untuk anak-anak Kota Bekasi tercinta…..

Tepat 23 Juli 2021 akhir pekan lalu kita memperingati HAN 2021 di tengah PPKM darurat Jawa-Bali yang masih di perpanjang, dengan tema ; Lindungi Anak, Indonesia Maju.

Secara khusus Kami memberikan perhatian HAN 2021 dalam edisi Sapa Bang Choi kali ini, karena memang disaat sebagian besar energi kita semua ditarik untuk menghadapi PPKM darurat Jawa-Bali akibat pandemi covid gelombang kedua yang begitu dahsyat ini, hal penting di sekitar kita adalah bahwa kita semua orang dewasa harus memastikan bahwa perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak di Kota Bekasi tetap bisa dilaksanakan dengan baik oleh semua pihak.

Di tengah PPKM darurat saat ini kita hampir setiap saat mendengar berita-berita duka kematian akibat covid-19 dari orang-orang yang kita cintai & hormati di sekitar kita ; keluarga, sahabat, teman, para alim- ulama, para tokoh, para guru, para kolega dan tetangga kita, yang membuat air mata kita harus menetes berkepanjangan, namun kami harapkan duka kita tidak boleh berkepanjangan karena berita baik kesembuhan para pasien covid, perjuangan keras para tenaga Kesehatan (nakes) serta usaha bersama semua pihak untuk mensukseskan vaksinasi di Kota Bekasi sebagai ikhtiar perlindungan kita bersama adalah energi yang harus tetap menguatkan kita semua.

HAN 2021 mengingatkan kita semua, bahwa hal penting di tengah pandemi ini adalah kita harus melindungi masa depan kita yaitu anak-anak kita sebagai aset yang sangat berharga untuk keberlangsungan kita.

Kami sangat mendukung tema HAN 2021 ; Lindungi Anak-Indonesia Maju, yang berarti semua pihak harus sangat memperhatikan dan memastikan bahwa pandemi ini tidak boleh memberikan dampak buruk untuk anak-anak sebagai pihak yang rentan, dan perlindungan kesehatan serta pemenuhan hak-hak anak dalam berbagai aspek ; pendidikan, kesehatan, tumbuh kembang, hiburan, kasih sayang, dan lain-lain harus tetap bisa terpenuhi.

Kami sangat menyadari bahwa pandemi ini memberikan tantangan yang semakin berat bagi setiap keluarga Indonesia, dari semua aspek (kesehatan, ekonomi, pendidikan, sosial, mental dsb.), sehingga perlu penguatan Ketahanan Keluarga berbasis spiritual keagamaan & kasih sayang pada setiap keluarga di Kota Bekasi. Kami harapkan Ketahanan Keluarga ini menjadi basis penanganan dampak Pandemi Covid-19 guna menjamin perlindungan & pemenuhan hak anak-anak di Kota Bekasi.

Dampak negatif pandemi saat ini kita rasakan untuk anak-anak kita, mulai dari pembelajaran daring dari sekolah yang tidak optimal dalam pendidikan dan pembangunan karakter anak-anak kita sampai dengan timbulnya masalah-masalah sosial paparan pornografi serta masalah-masalah gangguan psikologi lainnya.

Para orang tua, Para Ayah, Para Ibu, Para pendidik, para konselor juga seluruh stake holder yang terkait dengan anak dan perlindungan- pemenuhan hak anak bisa saling support dan bekerjasama untuk mengatasi dampak covid 19 dengan mengembangkan Ketahanan Keluarga berbasis spiritual keagamaan dan kasih sayang.

Kami mendorong juga agar bisa di kembangkan Creative actions untuk mengembangkan ketahanan keluarga ini, sehingga beban & keluhan para orang tua terutama para ibu dalam pendidikan dan pengasuhan anak di tengah pandemi ini dapat lebih ringan.

Creative actions ketahanan keluarga juga harus dipastikan agar kita tetap bisa mempersiapkan anak-anak kita sebagai generasi yang kuat, tangguh dan unggul melanjutkan estafet kehidupan yang siap berkompetisi dalam persaingan global.

“Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar”.(QS. An Nisa’, ayat 9). (*)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin