Berita Bekasi Nomor Satu

Menteri Nadiem Beberkan SIPlah, Belanja Sekolah via Daring

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim. Foto dok.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA-Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim meluncurkan kebijakan terbaru dari Merdeka Belajar, yakni Sekolah Aman Berbelanja bersama SIPLah. Sejumlah pembaruan platform penyedia barang dan jasa pun dilakukan untuk platform SIPLah.

Kata dia, platform yang dibangun pada 2019 ini akan menjamin rasa aman kepala sekolah ketika berbelanja kebutuhan operasional dengan menggunakan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Jadi, kepala sekolah tidak perlu khawatir atau terintimidasi saat melakukan pengadaan barang dan jasa. Pasalnya regulasi SIPLah sudah terstandarisasi dengan peraturan yang ada.

“Semua kepala sekolah satuan pendidikan hanya tinggal belanja di platform dan mereka akan tahu ini akan 100 persen aman. Ini penting, karena kalau guru kepala sekolah satuan pendidikan kita ragu-ragu bagaiman mereka bisa konsentrasi kepada pendidikan murid,” kata dia di Merdeka Belajar episode 12: Sekolah Aman Berbelanja bersama SIPLah, Kamis (26/8).

Pihaknya pun turut menambah jumlah mitra pasar dalam SIPLah. Mitra SIPLah ini dipilih melalui sistem sayembara yang transparan. “Dari total 61 mitra pasar yang mendaftar ini ada 18 mitra pasar yang terpilih. Dan ini akan terus berkembang untuk menyediakan lebih banyak opsi bagi sekolah-sekolah kita,” ujarnya.

Platform ini pun dilengkapi fitur distribusi pengiriman barang di mana pihak sekolah dapat memantau keberadaan barang yang di pesan. Sekolah juga dapat memilih jasa pengiriman yang bermitra dengan penyedia barang. “Jadi sekolah bisa memilih mitra pengiriman dan kecepatan yang sesuai dengan kebutuhan sekolah,” ucapnya.

penyedia barang dan jasa. Fitur aduan pun disediakan apabila barang pesanan tidak sesuai.

“Uang itu digaransi, tidak pindah dulu ke penjual sebelum sudah dipastikan bahwa barang yang diterima adalah barang yang benar. Jadi kalau barangnya salah, uangnya enggak langsung diberikan ke penjual, harus ada koreksi pengiriman ulang dan lain-lain,” terang Nadiem.

Para penyedia barang dan jasa juga diberikan kemudahan untuk masuk ke dalam SIPLah. “Kami memastikan verifikasi pendaftaran penyedia hanya butuh satu kali 24 jam dan kita memastikan pengecekan pembayaran itu otomatis dan pembayaran diteruskan ke penyedia dalam satu kali 24 jam setelah sekolah membayar,” pungkas dia. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin