Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Terjun KKN, Mahasiswa FKSB Unisma Bekali Pemuda Sukasari Keterampilan Desain

ISTIMEWA/RADAR BEKASI FOTO BERSAMA : Sejumlah pemuda Karang Taruna Desa Sukasari, Serang Baru Kabupaten Bekasi foto Bersama usai mengikuti pelatihan desain, belum lama ini.

RADARBEKASI.ID, SERANG BARU – Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi, menggelar Kuliah Kerja Nyata – Domisili Tinggal (KKN-DT) yang berbasis Digital dan Online Training on community Service dalam optimalisasi kemampuan masyarakat menghadapi Pandemi Covid-19. Kegiatan KKN di periode ini dilakukan di daerah mahasiswa masing-masing dengan model individualisasi dan klasterisasi. Pada masa pandemi seperti saat ini, sudah sewajarnya jika KKN dilakukan di lingkungan sekitar rumah, demi menghindari penularan covid-19.

Adapun klasterisasi yang dimaksud adalah mahasiswa dalam merencanakan dan menjalankan program berbasiskan klaster keilmuan atau bidang ilmu yang sudah ditentukan oleh pihak LPPM. Klasterisasi ini juga berbasiskan sesuai pada penjurusan (program studi) mahasiswa.

Vira Mumtaza, misalnya peserta KKN-DT dari prodi Ilmu Komunikasi telah melakukan kegiatannya di Desa Sukasari Kecamatan Serang Baru. Sesuai prosedur program KKN yang telah ditetapkan oleh LPPM UNISMA, kegiatan KKN-DT ini menargetkan Karang Taruna Desa Sukasari.

Berdasarkan hasil observasi yang Vira lakukan, ternyata terdapat anggota Karang Taruna yang kurang memiliki keterampilan dalam mendesain, serta melihat kondisi era digital sekarang ini, cukup banyak pekerjaan dan kegiatan yang membutuhkan skill mendesain, oleh karena itu Vira berinisiatif membuat program yang dapat mengasah kemampuan dan keterampilan.

Bermodalkan ilmu yang telah dipelajari selama kuliah, Vira dan juga ditemani oleh President Chapter di komunitas pengusaha Genpro cabang Kabupaten Bekasi Prayono, memberikan ilmu dan kesempatan untuk belajar seputar pengenalan desain.

Vira sebagai penyelenggara program ini, tentu sebelumnya telah menyampaikan kepada pihak-pihak berwenang dan meminta izin, seperti ke Kepala Desa Sukasari, Kepala Rukun Warga (RW) 013 dan ketua Karang Taruna. Semua pihak sangatlah mendukung kegiatan ini. Tidak sampai disitu, Vira juga diberikan fasilitas untuk menjalankan kegiatan ini, seperti peminjaman kantor RW, sound system serta infocus.

Untuk pelaksanaan pelatihan, diadakan sebanyak 3 kali, agar para peserta dapat memahami dan menerapkan materi dengan maksimal. Program ini meliputi materi tentang aplikasi desain, dasar-dasar desain, teori-teori desain serta ide-ide desain untuk usaha agar kedepannya mereka dapat membangun usahanya sendiri. Pada pertemuan terakhir, peserta juga diberikan tugas kelompok yang beranggotakan 5-6 orang, untuk membuat desain tentang usaha apa yang akan mereka buat. Hasilnya bisa berbentuk logo, banner, brosur, ataupun poster. Penambahan materi tentang ide-ide usaha ini diberikan untuk mewadahi Karang Taruna agar kedepannya mampu mendirikan usahanya sendiri dengan desain yang unik dan kesan yang menarik.

Tak hanya sampai disitu, kegiatan KKN yang Vira lakukan berlanjut ke program ke-2 yang bertemakan menyungsung kepedulian mahasiswa terhadap pandemic Covid-19. Dengan berpartisipasi menjadi relawan vaksinasi, Vira sudah 6 kali menjadi relawan vaksinasi Desa sukasari. Bahkan Kini ia direkrut untuk menjadi relawan resmi dari program Vaksinasi Merdeka gerai 101 Polres Serang Baru penyangga Metro Jaya Bekasi.

Saat proses vaksinasi, Vira membantu sebagai tim Inputor, tugasnya yakni memasukan data peserta ke dalam aplikasi Pcare. Selain itu, ia juga pernah ditunjuk sebagai penanggung jawab karang taruna putri untuk menjadi relawan vaksinasi di RW 013 Komplek Blok A Perumahan Telaga Pasiraya, hingga ia diberikan kepercayaan terus menerus untuk ikut menjadi relawan hampir setiap harinya ditempat yang berbeda-beda.

Selama menjadi relawan, Vira mengaku mendapatkan banyak pengalaman yang berkesan. Apalagi, keikutsertaannya pada program Vaksin Merdeka juga sudah terintegrasi dengan kegiatan KKN-DT perkuliahan.

“Seneng banget bisa dipercaya dan ikut serta jadi relawan program vaksin,, punya banyak pengalaman, bisa dapat pengetahuan dan info seputar vaksin dan juga dapet banyak relasi. Seru deh pokoknya!,” ujar Vira

Keikutsertaan Vira sebagai relawan juga sangatlah membantu warga sekitar. Karena dengan adanya Vira, warga dapat dengan mudah untuk menanyakan jadwal dan informasi seputar vaksin.”Alhamdulillah, aku bersyukur karena bisa bermanfaat bagi masyarakat,” sambungnya.(mif/vir)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin