Kemampuan Berbahasa Asing Sangat Penting

Naira Inayah Carissa Sujatmiko
Naira Inayah Carissa Sujatmiko

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sejak masuk SMA, Naira Inayah Carissa Sujatmiko mulai meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Bagi remaja berusia 16 tahun ini, bahasa asing penting dikuasai untuk menghadapi persaingan global.

“Dalam era globalisasi ini, kemampuan berbahasa asing sangat penting karena kini kita bersaing dan berkolaborasi dengan negara lain,” ungkap siswa SMAN 8 Kota Bekasi ini.


Pelajar yang memiliki hobi menulis novel ini, sedang mempelajari empat aspek dalam bahasa Inggris. Yakni, membaca, mendengarkan, berbicara dan menulis.

Cara sederhana yang diterapkan dalam mempelajari bahasa asing adalah dengan banyak berlatih. Sebab menurutnya bahasa bukanlah sebuah ilmu, melainkan sebuah seni untuk berkomunikasi dengan dunia yang sangat luas.


“Tidak membutuhkan waktu lama, yang sebelumnya saya hanya bisa menguasai beberapa kosa kata, dalam satu tahun ini saya bisa berbahasa cukup lancar dengan bahasa asing,” terang Naira-begitu ia disapa.

Untuk menguasai aspek berbicara dan mendengarkan, dirinya harus sering berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Sementara untuk menguasai aspek menulis dan membaca, Naira rajin melibat berita bahasa asing.

Dalam berlatih, dirinya berusaha untuk tidak rendah diri. “Justru rasa minder itu yang akan menjadi penghalang untuk mencapai keberhasilan. Kalau ada yang tidak paham, bisa cari di kamus atau tanya ke orang yang lebih pintar bahasa Inggrisnya,” katanya.

Menurutnya, mempelajari bahasa asing dapat meningkatkan wawasan serta melatih kemampuan literasi sosial budaya. Hal ini sangat penting untuk dikuasai pada abad kedua puluh satu. (dew)