Down, Begini Penjelasan Facebook, Instagram dan Whatsapp

RADARBEKASI.ID, JAKARTA- Tiga layanan sosial media dari grup Facebook yaitu Facebook, WhatsApp dan Instagram baru saja dilaporkan down pada Senin (4/10). Dilaporkan, ketiga layanan sosial media terpopuler ini mengalami down selama enam jam.
“Kami mengetahui bahwa beberapa pengguna mengalami masalah mengakses aplikasi dan produk-produk kami. Kami bekerja agar semua dapat kembali normal secepatnya, dan kami meminta maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata Facebook dikutip dari laman Twitternya, Selasa.


Mengutip laporan Downdetector pada Selasa (4//10) pagi, aplikasi WhatsApp mengalami masalah dari pengguna pada Senin (4/10) pukul 23.00 WIB. Ada 35 ribu lebih laporan yang masuk tentang aplikasi, koneksi server, dan lamanya pengiriman pesan.

“Kami menyadari bahwa beberapa pengguna mengalami isu dengan WhatsApp saat ini. Kami bekerja keras untuk membuatnya kembali ke normal dan kami akan mengirimkan update terbaru secepatnya. Terima kasih atas kesabarannya,” cuit WhatsApp.


Pun dengan Instagram yang mendapatkan lebih dari 90 ribu laporan tentang laman web, dan feed.

“Instagram dan kawan-kawan sedang mengalami sedikit kesulitan sekarang, dan Anda mungkin juga menghadapi isu-isu tertentu saat menggunakannya. Kami sedang bekerja keras mengatasinya,” kata Instagram melalui Twitter, pukul 23.25 WIB.

Di Twitter, tagar #WhatsAppDown telah dicuitkan lebih dari 1,5 juta cuitan, #InstagramDown dan #Facebookdown dicuitkan warganet masing-masing setidaknya lebih dari 100 ribu cuitan.

Sekira 15-50 menit sebelum berita ini dibuat, Facebook, Instagram, dan WhatsApp masing-masing membuat cuitan tambahan mengenai update terkini dari masalah down tersebut.

“Instagram secara perlahan kembali normal. Terima kasih dan maaf sudah membuat Anda menunggu,” kata Instagram.

“Untuk komunitas masyarakat dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada layanan kami, kami meminta maaf. Kami telah bekerja keras untuk mengembalikan akses ke aplikasi dan layanan kami, dan kami senang untuk melaporkan bahwa mereka telah kembali. Terima kasih untuk kesabarannya,” cuit Facebook.

“Kami meminta maaf untuk semuanya yang belum bisa menggunakan WhatsApp hari ini. Kami perlahan dan secara hati-hati membuatnya berfungsi lagi. Terima kasih atas kesabarannya dan kami akan terus memberikan update jika ada informasi yang perlu kami bagi,” kata mereka.
Sementara itu, pakar keamanan IT yang juga direktur Harvard Berkman Klein Center for Internet & Society Jonathan Zittrain mengatakan, gangguan itu akibat dari kesalahan internal, meskipun sabotase oleh orang dalam secara teoritis mungkin terjadi.

“Facebook pada dasarnya mengunci kunci-kuncinya di dalam mobilnya,” cuit Jonathan dalam akun Twitternya.
Kepada Reuters, beberapa karyawan Facebook yang menolak disebutkan namanya mengatakan, mereka percaya bahwa pemadaman itu disebabkan oleh kesalahan routing internal ke domain internet yang diperparah oleh kegagalan alat komunikasi internal dan sumber daya lain yang bergantung pada domain yang sama untuk bekerja.

Menurut perkiraan dari perusahaan pengukuran iklan Standard Media Index, Facebook yang merupakan platform periklanan digital terbesar kedua di dunia itu kehilangan sekitar USD 545 ribu dalam pendapatan iklan AS per jam selama pemadaman. (wsa)