Herkos: PKS Jaga Budaya Santun dan Etika Berpolitik

Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara
Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara.Dok Radar Bekasi.

RADARBEKASI.ID, BEKASI-Di tengah memudarnya budaya santun dan beretika dalam berpolitik, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) justru menjaga tradisi dan nilai-nilai yang beradab. Kesantunan politik sebagai nilai luhur tetap harus dipelihara dalam berpartai.

Hal itu ditegaskan Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara. Menurutnya, sebagai partai dengan perolehan suara terbanyak di Pemilu Legislatif 2019 lalu, PKS pantas menjadi contoh bagi para politisi.


”Berpolitik itu bukan sekedar merebut kekuasaan. Melainkan sejatinya berlomba-lomba memberi pengabdian dan pelayanan terbaik kepada masyarakat hingga tercapai tujuan mensejahterakan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik lagi,” paparnya kepada Radar Bekasi, Selasa (5/10).

Menurutnya, semua cita-cita itu akan sulit terwujud jika langkah yang dilakukan untuk mensejahterakan rakyat dan memberi kehidupan lebih baik, dilakukan dengan cara-cara kotor dan tidak beradab.


”Bagi saya, kalau ada persaingan di kalangan politikus, hendaknya itu diartikan sebagai motivasi untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, yaitu meningkatkan kualitas pelayanan kepada rakyat. Bukan untuk saling menjatuhkan dan menjegal,” papar politisi asal Jatiasih itu.

Setidaknya, imbuh pria yang akrab disapa Bang Herkos ini, ada tiga poin dalam menerapkan politik santun dan beradab. Pertama, bersikap jujur, amanah, sportif, siap melayani, berjiwa besar, memiliki keteladanan dan rendah hati dalam berpolitik. Kedua, berbudaya politik santun menanamkan pemahaman bahwa politik yang hendak diperjuangkan bukan semata politik kekuasaan, melainkan politik yang mengedepankan pengabdian demi kesejahteraan masyarakat luas. Ketiga, budaya politik santun dan beretika diperlukan agar para elite politik menjauhi sikap dan perbuatan yang dapat merugikan bangsa Indonesia. Karena berpolitik pada hakekatnya adalah perjuangan untuk membahagiakan dan meningkatkan kesejahterakan rakyat .

”PKS telah melakukan upaya ini secara berjenjang dan bertingkat, mulai dari tingkat pemula, tingkat madya dan tingkat dewasa. Jenjang kaderisasi ini menjadi syarat setiap tingkatan kepengurusan di tubuh PKS,” papar pria yang juga anggota DPRD Provinsi Jabar ini. (zar)