Terpapar Covid-19 di PON XX Papua, Lima Atlet DKI Diisolasi

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Lima atlet DKI Jakarta yang terpapar COVID-19 saat berlaga di PON XX Papua mendapat perhatian serius dari Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia.
Namun, sejauh ini Dwi Oktavia belum bisa memastikan varian virus yang menginfeksi lima atlet tersebut.


Menurut dia, varian baru bisa diketahui setelah dilakukan pemeriksaan “genome sequence” yang saat ini alat pemeriksaannya hanya dimiliki pemerintah pusat.

“Jadi saat ini sampelnya dikirim untuk pemeriksaan genome sequence untuk mengetahui variannya,” ujar Dwi.


Saat ini yang bisa dilakukan Dinkes DKI terhadap lima atlet tersebut adalah perawatan COVID-19 seperti pada umumnya. Kelima atlet tersebut saat ini diisolasi dan dirawat secara intensif.

“Prinsipnya perlakuan atau tata laksana pada pasiennya sama yaitu yang memenuhi standar, perawatan yang sesuai dengan kondisi medis,” kata Dwi.

Diketahui, lima atlet DKI Jakarta yang berlaga di PON XX Papua dinyatakan terpapar COVID-19.

Lima atlet tersebut rinciannya adalah tiga atlet dari cabang olahraga judo dan basket. Mereka terpapar di Timika, sedangkan dua atlet lainnya berasal dari cabor softball dan sepatu roda yang berlaga di Jayapura.

Koordinator Dokter Kontingen DKI Jakarta Junaidi mengatakan saat ini, atlet yang di Jayapura diisolasi di rumah sakit swasta dan atlet yang di Timika menjalani isolasi di RSUD Timika.

Junaidi mengatakan dari atlet DKI yang terpapar didapat angka cycle threshold value (CT Value) yang rendah. Junaidi khawatir mereka terpapar varian baru.

“CT-nya, jadi kita di Papua curiga, termasuk Dinas Kesehatan Papua juga, ada varian baru yang ada di sini karena melihat dari CT yang terendah,” katanya.

PON Papua diketahui mempertandingkan 56 cabang olahraga. Sebanyak 6.442 atlet berpartisipasi di pesta olahraga paling bergengsi seIndonesia tersebut. (wsa)