Berita Bekasi Nomor Satu

Awas Modus Baru, Curanmor Pakai Korek Api

RADARBEKASI, JAKARTA – Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Senen, Jakarta Pusat menemukan modus baru pencurian sepeda motor (curanmor) di kawasan tersebut.

Kawanan pelaku di sana, menggunakan korek api untuk merusak kontak kunci motor yang menjadi incaran.

“Korek api tersebut ditancap sebatang besi kecil, kemudian dipanaskan untuk mencongkel kontak motor curian. Ini termasuk modus baru,” terang Kapolsek Senen Kompol Ari Susanto.

Dalam melakukan aksinya, pelaku memodifikasi kunci T yang kemudian dirakit. Awalnya, petugas sempat lengah, namun setelah diteliti alat itu dapat berfungsi sebagai pembongkar kunci motor.

Pelaku mengincar motor yang mudah untuk dijangkau dan posisi parkir tidak terpantau oleh pemilik. Setelah menjual hasil curiannya itu, pelaku bisa mendapatkan uang sampai Rp 3 juta per unit motor.

Ari mengatakan, salah satu pelaku yang menggunakan modus baru ini adalah pria berinisial JK. Tersangka yang juga seorang residivis ini telah melakukan aksi tersebut sebanyak tujuh kali di wilayah Jakarta Pusat.

Saat dilakukan tes urine, petugas juga mendapatkan pelaku JK positif menggunakan narkoba. Atas hal tersebut, polisi pun akan melakukan pengembangan kasus.

“Dia masih sakau narkoba karena setelah dites urine, hasilnya positif. Akan kami kembangkan juga,” kata Ari.

Kanit Reskrim Polsek Senen AKP Bambang mengatakan, pelaku merupakan residivis yang sebelumnya sempat dua kali ditahan atas kasus kepemilikan senjata tajam dan kasus pencurian.

Polisi juga akan mengembangkan kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) guna menangkap jaringan lainnya, termasuk penadah barang curian.

“Setelah mendapat (motor curian), biasanya pelaku langsung menghubungi penjual dan transaksi. Jaringan pelaku sedang kita dalami. Pelaku dijerat Pasal 363 KUHP,” kata Bambang.(wsa)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin