Kesehatan

Ini Posisi Aman dan Nyaman Berhubungan Seks saat Hamil

Ilustrasi seks saat hamil. Foto: iStock

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Seks saat hamil sebenarnya aman dilakukan, sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir bila ingin melakukannya.

Ibu hamil alias Bumil bisa memilih posisi seks yang nyaman dan menyesuaikan dengan perubahan perut yang kian membesar.

Namun demikian, pasangan harus memastikan posisi yang dipilih agar tidak menekan bagian perut secara berlebihan karena bisa membuat rahim tertekan.

Dilansir dari situs alodokter, Bumil dan pasangan bisa mencoba beberapa posisi seks yang aman dan nyaman seperti berikut ini:
1. Posisi spooning
Posisi spooning ini sangat nyaman dilakukan ibu hamil, terutama saat trisemester ketiga. Pada posisi ini, Bumil dapat tidur menyamping dan pasangan berbaring di belakang Bumil sambil melakukan penetrasi.

Untuk membuat Bumil lebih nyaman sekaligus memudahkan penetrasi, Bumil bisa meletakkan beberapa bantal di atas salah satu kaki.
2. Posisi side by side
Posisi seks lain yang aman dan nyaman dilakukan saat hamil adalah posisi side by side. Posisi ini dilakukan dengan berbaring di atas ranjang, lalu Bumil dan pasangan saling berhadapan. Penetrasi yang dilakukan pada posisi ini pun bisa menjadi lebih dalam.
Selain nyaman, posisi ini bisa meningkatkan keintiman karena Bumil dan pasangan saling berhadapan satu sama lain.
3. Posisi woman on top
Woman on top merupakan posisi yang aman dilakukan selama masa kehamilan karena tidak membuat perut ibu hamil tertekan. Pada posisi ini, Bumil bisa mengendalikan kecepatan dan kedalaman penetrasi.
Bila sudah lelah untuk bergerak, Bumil bisa meminta pasangan untuk menggerakkan pinggulnya, sedangkan Bumil berpegangan pada kakinya.
4. Posisi doggy style
Seks dengan posisi doggy style dilakukan dengan posisi berlutut, kemudian tubuh membungkuk dengan posisi siku dan tangan menopang tubuh sendiri seperti merangkak.
Posisi ini tidak memberi tekanan pada kandung kemih dan rahim, sehingga aman untuk dilakukan saat sedang hamil. Penetrasi yang dilakukan pada posisi doggy style juga bisa lebih dalam.
Selain keempat posisi seks di atas, melakukan seks oral juga aman dilakukan. Hanya saja, pastikan pasangan tidak meniupkan udara ke vagina karena dapat mengakibatkan embolisme udara, yaitu udara yang menutup pembuluh darah. Kondisi ini bisa berakibat fatal bagi Bumil dan janin.
Sementara itu, seks anal tidak disarankan karena dapat menyebabkan tersebarnya infeksi bakteri dari anus ke vagina, terutama jika Bumil mengalami hemoroid. (wsa)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button