Pendidikan

Mahasiswa Akuntansi Universitas Bina Insani Sukses Gelar AFBI

FOTO BERSAMA: Dosen dan para pemenang lomba AFBI 2021 foto bersama. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Mahasiswa Akuntansi Universitas Bina Insani sukses menyelenggarakan Accounting Festival Bina Insani (AFBI) 2021 bertajuk “Build Your Accounting Skills And Achieve Your Dream Of Becoming The Next Professional Accountant“. Acara itu berlangsung pada 11 – 23  Oktober 2021.

Ketua Jurusan Akuntansi Universitas Bina Insani Kota Bekasi Avincennia Vindy Fitriana menjelaskan, AFBI merupakan program tahunan yang rutin digelar oleh mahasiswa Akuntansi Universitas Bina Insani dengan bimbingan dosen pada awal Oktober.

“Accounting Festival Bina Insani (AFBI) ini merupakan pelaksanaan tahun ke-5,” jelasnya disela closing ceremony atau upacara penutupan AFBI 2021, Jumat (29/10).

AFBI 2021 diisi dengan seminar dan lomba bagi pelajar SMA dan SMK. Jika pada tahun sebelumnya peserta merupakan pelajar sekolah tingkat Kota Bekasi, kata dia, dua tahun ini belakangan ini dibuka tingkat nasional.  Lomba yang dibagi dengan beberapa sesi penyisihan ini diikuti oleh pelajar dari sekolah di Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. Karena pandemi Covid-19, lomba tahun ini diselenggarakan secara daring.

“Biasanya lomba langsung tatap muka, tapi karena adanya pandemi diadakan secara online. Hanya seremoni penutupan atau penyerahan pemenang dilakukan secara langsung,” katanya.

Ia menambahkan, 100 persen mahasiswa Akuntansi terlibat dalam acara ini. Mulai dari penyusunan yang dibantu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) hingga pengoreksian soal.

Wakil Ketua Pelaksana AFBI 2021 Putri Kirana mengatakan, program ini dapat mengasah kemampuan mahasiswa dalam membuat sebuah acara atau penyusunan soal.

Lebih lanjut, Putri menjelaskan, dalam perlombaan peserta mengerjakan soal akuntansi seperti perpajakan, akuntansi manufaktur, dagang dan jasa. Sistem lomba dibagi menjadi sesi exposure test, babak penyisihan 1, 2 dan 3 serta babak final 1, 2 dan 3.

Dari tahap exposure sampai final, peserta mengerjakan soal-soal tersebut. Sedangkan pada tahap final, berupa sistem cerdas cermat.

“Pendaftaran itu dibuka sejak September melalui media Instagram, ada 25 sekolah yang mengikuti program kali ini,” jelasnya.

Dalam lomba ini, juara 1 dimenangkan oleh SMK Mandalahayu Tim A, juara 2 SMK Strada Budi Luhur Tim 1, juara 3 SMK Tarakanita Tim A, juara harapan 1 SMK Tarakanita Tim B dan juara harapan 2 SMK 1 Triple “J” Tim A.

“Masing-masing juara mendapatkan hadiah uang tunai dan uang pembinaan,” terangnya.

Salah satu pemenang juara pertama dari SMK Mandalahayu Almaida Dwi Kusuma mengaku, dirinya senang telah berhasil memenangkan perlombaan kali ini bersama dengan tim nya.

“Saya bersama dengan kedua teman saya senang banget bisa mengikuti event ini, karena kita bisa tetap aktif belajar dan mencari pengalaman meskipun di masa pandemi,” pungkasnya. (dew/pms)

Related Articles

Back to top button