Bekasi

Satu Ekor Elang Bondol Diserahkan Unisma ke BKSDA

BEKASI TIMUR – Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi menyerahkan satu ekor elang Bondol kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta. Penyerahan satwa langka ini dilakukan sebagai wujud keikutsertaan kampus melindungi satwa yang dilindungi oleh Undang-Undang (UU).

Rektor Unisma Bekasi, Hermanto menyampaikan bahwa Elang Bondol tersebut awalnya ditemukan oleh masyarakat kemudian diserahkan kepada pihak kampus. Setelah menerima informasi masyarakat, pihaknya memutuskan untuk memfasilitasi pengembalian satwa langka tersebut kepada lembaga berwenang.

PENYERAHAN SATWA : Rektor Unisma Hermanto (kiri) menyerahan hewan elang bondol kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di Kampus Unisma Bekasi, Jumat (5/11). Hewan elang bondol merupakan salah satu hewan yang dilindungi undang-undang untuk dilestarikan. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

“Jadi satwa langka itu sebenarnya ada diketemukan oleh warga kebetulan sedang mancing di wilayah grand wisata,” katanya, Jumat (5/11).

Hal ini dilakukan sebagai wujud keikutsertaan Unisma Bekasi melindungi satwa langka, yang juga diatur oleh Undang-undang (UU). Disampaikan bahwa Unisma Bekasi siap memfasilitasi masyarakat yang menemukan satwa langka untuk diserahkan kepada BKSDA.

*Diantaranya kita juga pernah menyerahkan buaya ke BKSDA, ini dalam rangka kita mencoba ikut berpartisipasi melindungi hewan-hewan yang dilindungi oleh undang-undang,” tambahnya.

Sekedar diketahui, menurut data Jakarta Animal Aid Network (JAAN) sampai dengan tahun 2014 lalu populasi hewan yang ditetapkan sebagai Maskot DKI Jakarta tersisa tidak kurang dari 18 ekor di Kabupaten Kepulauan Seribu. (Sur)

Related Articles

Back to top button