Massa Mulai Datangi Kawasan Monas Jelang Reuni 212

Massa aksi Reuni 212 mulai mendatangi kawasan Monas, Jakarta.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Massa Reuni 212 mulai mendatangi kawan Monas, Jakarta Pusat, sejak pukul 06.00 WIB, Kamis (2/12). Sebagian mereka tampak bersalawat di kawasan perbatasan barikade Jalan H. Agus Salim dan Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat

Massa memilih berkumpul di lokasi tersebut karena Jalan Merdeka Selatan dan jalan di sekitar kawasan bundaran Patung Kuda dan Monas sudah disterilkan oleh polisi. Tidak ada kendaraan yang boleh melintas ke kawasan itu.


“Seperti yang dilihat, semangat umat untuk datang itu tidak bisa dibendung. Kita datang ke sini sebenarnya untuk silaturahmi saja,” kata Wakil Korlap Reuni 212 Babe Aldo di Jalan Kebon Sirih, Jakarta.

Aldo mengaku bahwa massa hanya ingin bersilaturahmi sebagai kegiatan tahunan mereka. Meskipun sejumlah jalan ditutup, ia dan para massa tetap melakukan kegiatan yang disebut Bela Islam.


Sementara itu, polisi langsung membubarkan massa yang mulai berkumpul. Pemandangan ini terlihat di beberapa titik. “Rencananya kami dan kawan-kawan janjian untuk bertemu di satu titik yang sudah kita sepakati. Namun baru beberapa orang yang berkumpul, kami sudah dibubarkan polisi,” terang Zulfikar, warga Pamulang, Tangerang Selatan.

Sebagian massa Reuni 212 lainnya memilih duduk bersama sambil melantunkan salawat. Mereka juga terlihat saling membagikan sarapan di depan kawasan barikade kawat berduri Jalan H. Agus Salim.

Bagi karyawan kantoran di sekitar kawasan bundaran Patung Kuda dan Monumen Nasional (Monas) wajib menunjukkan kartu identitas pekerja untuk memasuki area steril dari aksi Reuni 212.

Anggota Satpol PP Kecamatan Menteng, Oni S mengatakan, selain karyawan, tidak boleh ada massa, terutama dari Reuni 212 yang diperbolehkan melintas barikade menuju Jalan Merdeka Selatan.

Sebelumnya, kegiatan Reuni Akbar 212 batal digelar di Masjid Az-Zikra Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ini setelah keluarga Almarhum Ustaz Arifin Ilham menolak acara reuni tersebut karena masih dalam suasana duka.

“Karena ada permintaan dari keluarga yang kebetulan sedang berduka,” ungkap Ketua Yayasan Az-Zikra, Khotib Kholil, Rabu (1/12).

Keluarga besar di Masjid Az-Zikra masih diselimuti duka atas wafatnya putra kedua dari Almarhum Ustaz Arifin Ilham, Muhammad Ameer Adz Zikro pada Senin, 29 November 2021.

Khotib Kholil menyebutkan bahwa panitia Reuni Akbar 212 telah menerima surat penolakan dari keluarga almarhum dan akan mencari lokasi alternatif pelaksanaan reuni akbar. (wsa)

 

Caption:
Massa aksi Reuni 212 berkumpul di kawasan barikade Jalan H. Agus Salim, Jakarta Pusat, Kamis (2/12). Foto: Antara