Nasional

BMKG: Awas, Potensi Tsunami 29 Meter di Selatan Jawa Timur!

RADARBEKASI.ID, JEMBER – Kepala Pusat Seismologi Teknik BMKG Rahmat Triyono mengungkapkan adanya potensi gempa bumi berkekuatan besar di wilayah selatan Jawa Timur.

“Skenario terburuk gempa di selatan Jawa berskala VI VII MMI. Potensi kerusakannya luar biasa dan bisa menimbulkan tsunami sampai 29 meter,” kata dia di Jember, Sabtu (18/12). Dia pun menerangkan potensi gempa tersebut bakal mengakibatkan kerusakan ke 200-250 kilometer dari bibir pantai. Adapun, sumber gempa magnitudo 7,0 itu diperkirakan juga ada di daratan.

BMKG sebelumnya mencatat aktivitas kegempaan di wilayah selatan Jatim tersebut mengalami peningkatan selama lima tahun terakhir.

Mengenai gempa yang terjadi di Jember pada Kamis (16/12), Rahmat menyampaikan sebenarnya gempa bermagnitudo 5,1 itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami maupun kerusakan parah.

Namun, struktur bangunan warga sekitar memang tidak kuat. “Biasanya, konstruksi rumah warga yang tidak kokoh dan kuat sehingga hal itu yang seharusnya diperbaiki,” ujar dia.

Dia menjelaskan pemerintah berperan penting dalam menanggulangi hal-hal seperti itu dan berpendapat bahwa harus ada kebijakan ketat terkait dengan pembangunan suatu bangunan.

“Itu tugas bersama. Pemerintah harus ketat dalam memberikan izin bangunan. Pengecekan konstruksi harus ketat pula. Jadi, struktur bangunan harus dibuat siap untuk skenario terburuk,” tutur Rahmat. (antara/jpnn)

 

 

Related Articles

Error, no group ID set! Check your syntax!
Back to top button