BKK SMK Maksimalkan Kerjasama dengan Industri

TES KERJA: Sejumlah lulusan SMK Bistek Kota Bekasi saat mengikuti tes kerja melalui BKK sekolah. ISTIMEWA
TES KERJA: Sejumlah lulusan SMK Bistek Kota Bekasi saat mengikuti tes kerja melalui BKK sekolah. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Bursa kerja khusus (BKK) SMK di Kota Bekasi berusaha memaksimalkan kerjasama dengan industri agar lulusannya dapat terserap dengan baik.

Kepala BKK SMK Bisnis dan Teknologi (Bistek) Kota Bekasi menyampaikan, bahwa pada semester genap tahun ini sekolah berusaha lebih keras untuk menambah kerjasama dengan industri.


“Sebentar lagi akan ada lulusan baru yang kami cetak dan kami sedang bekerja lebih keras agar dengan adanya BKK siswa bisa mencari peluang pekerjaannya di sekolah,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (11/1).

Menurutnya, SMK sebagian besar berorientasi pada lulusan yang siap bekerja. Dengan demikian, menjadi sebuah pekerjaan yang cukup besar bagi sekolah untuk bisa menyalurkan lulusannya kepada beberapa perusahaan.


Sebab BKK SMK Bistek sempat vakum beberapa tahun lalu, baru aktif kembali pada tahun ajaran 2021/2022. “BKK di sekolah kami itu sudah ada sejak tiga tahun yang lalu, namun tidak bekerja dengan baik atau sempat vakum. Dan baru pada tahun ajaran ini, BKK sekolah mulai kembali ada pergerakan,” terangnya.

Hal senada dikatakan Wakil Kepala SMKN 15 Kota Bekasi Dhani Irawan. Ia mengungkapkan, saat ini sekolah sedang melakukan peningkatan kerjasama dengan dunia kerja perihal rekrutmen tenaga kerja.

“Kita sedang meningkatkan kerjasama dengan dunia kerja perihal rekrutmen tenaga kerja. Selanjutnya peserta didik dikenalkan denda budaya kerja industri dan memaksimalkan kompetensi peserta didik sesuai kebutuhan dunia kerja,” ucapnya.

Menurutnya, dengan waktu yang tidak lama ini sekolah bukan hanya harus mempersiapkan siswanya saja melainkan juga harus mempersiapkan kerjasama antar industri.

“Bukan siswanya saja yang dipersiapkan, tapi kerjasama antar industrinya juga harus diperbanyak dan dipersiapkan dengan baik,” tukasnya. (dew)