Berita Bekasi Nomor Satu

Peresmian Wisata Air Ditunda

WISATA BARU: Warga berjalan kaki di area wisata air kalimalang di Jalan M Hasibuan, Bekasi Selatan Kota Bekasi, Senin (7/2). Peresmian wisata air kalimalang ditunda menyusul meningkatnya kasus Covid-19. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Rencana peresmian Wisata Air Kalimalang tahap pertama dipastikan ditunda seiring meningkatnya kasus Covid-19.

Padahal sebelumnya, Februari 2022 ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dijadwalkan akan meresmikan langsung hasil revitalisasi Kalimalang yang bakal menjadi destinasi wisata baru di Kota Bekasi.

Pasalnya, pengerjaan tahap pertama di sisi Jalan M. Hasibuan, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, dianggap sudah selesai 100 persen.

“Ya ditunda peresmian wisata air kalimalang karena Covid-19 yang meningkat. Oleh karena itu Pak Gubernur menunda peresmiannya,” ujar Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto saat ditemui di Balai Patriot lingkungan Pemerintah Kota Bekasi, Jalan A Yani Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi, Senin (7/2).

Kendala penundaan, lanjut dia murni disebabkan karena lonjakan kasus Covid-19 di Kota Bekasi. “Kita tunggu arahan Pak Gubernur Jabar kapan akan menjadwalkan peresmiannya. Karena itu adalah program Pak Gubernur Jabar,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan, paling tidak Gubernur akan menjadwalkan ulang peresmian. Kemungkinan akan menunggu kasus Covid-19 mereda.

“Pada intinya kita menunggu arahan dari Pak Gubernur Jabar. Kapan akan diresmikan kita akan siapkan,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, Arief Maulana, mengatakan terkait peresmian yang tertunda pihaknya masih menunggu arahan lanjutan dari Provinsi Jabar.

“Karena itu program Pak Gubernur dari Provinsi. Kalau sudah siap mau diresmikan, kita akan persiapkan. Lebih lanjut kita menunggu arahan selanjutnya,” tukasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil juga berjanji akan meresmikan langsung wisata air kalimalang dan sempat melakukan pengecekan ketika berkunjung ke Kota Bekasi belum lama ini.

Diketahui untuk revitalisasi Kalimalang menjadi salah satu destinasi wisata air secara keseluruhan dianggarkan hingga Rp 50 miliar. Revitalisasi Kalimalang ada empat zona. Empat zona tersebut antara lain di Jalan KH. Noer Alie, dan Jalan Chairil Anwar sekitar Kampus Universitas Islam ’45 Bekasi serta Jalan M Hasibuan.

Revitalisasi Kalimalang itu di gembar-gemborkan Ridwan Kamil mirip Sungai Cheonggyecheon Seoul, Korea Selatan.

Pembangunan destinasi wisata air Kalimalang tahap pertama dianggarkan Pemprov Jabar Rp 4, 7 miliar. Tahap pertama akan dibangun di area satu yakni jalan setapak, elemen lunak atau tanaman.

Area dua berupa promenade sejarah, yakni tiga monumen besar, alun-alun, jalan setapak, tiang bendera, pembuatan railing pagar, dinding tanaman, tanaman serta papan petunjuk taman.

Area tiga berupa Taman Timur yakni jalan setapak, alun-alun kecil. Area empat di Jalan Kalimalang dibuatkan Taman Tematik. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin