Hasil Liga Europa: Barcelona Imbang, Dortmund Kalah

Penyerang Barcelona Ferran Torres berusaha melepaskan diri dari kejaran pemain Napoli. Foto: AP

RADARBEKASI.ID, CATALAN – Barcelona nyaris menelan kekalahan andai saja Ferran Tores gagal mengeksekusi penalti. Barcelona bermain imbang 1-1 saat menjamu Napoli dalam pertandingan leg pertama Liga Europa di Camp Nou pada Jumat (18/2) dini hari WIB.

Napoli unggul lebih dahulu lewat gol Zielinski sebelum Barca menyamakan kedudukan lewat penalti sepakan Ferran Torres.


Barca langsung menguasai bola sejak pertandingan dimulai dan tidak membuang waktu untuk memberikan ancaman ke Napoli.

Pada menit ke-4, Barcelona menciptakan peluang pertama. Aubameyang merebut bola sisi kiri di wilayah Napoli dan memberikan bola ke Pedri di depan kotak penalti. Namun, tendangan gelandang muda Spanyol tersebut masih melambung tinggi dari gawang Alex Meret.


Tuan rumah terus menguasai bola, tetapi tidak dapat menemukan celah di pertahanan Napoli untuk menciptakan peluang.

Barca mendapatkan peluang pada menit ke-14. Jordi Alba memberikan umpan silang ke kotak penalti. Bola mengenai beberapa pemain dan diterima Nico Gonzales yang menggiring bola sebelum melepaskan tendangan dari sudut sempit. Namun, Meret melakukan penyelamat bagus untuk mencegah gawang-nya dari kebobolan.

Napoli justru lebih dahulu membuka skor. Zielinski mendapatkan umpan dari Elmas di kotak penalti. Penyerang Polandia tersebut melepaskan tendangan yang masih bisa ditepis Ter-Stegen, tetapi bola rebound kembali disambarnya untuk mengubah skor menjadi 1-0 untuk Napoli.

Pada masa injury time, Barca punya peluang untuk menyamakan kedudukan. Namun, sundulan Torres di kotak penalti belum bisa mengoversinya menjadi gol dan babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk Napoli.

Usai jeda, Barca langsung mengurung Napoli dan berusaha mencetak gol penyeimbang cepat. Pada menit ke-54, Aubameyang menggiring bola dari sisi kiri ke tengah dan melepaskan tendangan yang masih melambung tinggi.

 

Dua menit kemudian tim tuan rumah memiliki peluang terbaik mencetak gol setelah wasit memberikan hadiah penalti setelah umpan silang Adama mengenai tangan Juan Jesus.

Torres maju sebagai eksekutor dan dia sukses mengelabui Alex Meret. Kedudukan menjadi 1-1.

Aubameyang kembali mengancam lewat tendangan jarak jauhnya pada menit ke-62. Sayangnya masih belum on target.

Napoli terus ditekan di 10 menit terakhir pertandingan. Namun, Barcelona masih belum bisa memanfaatkannya untuk mencetak gol penentu kemenangan. Pertandingan berakhir dengan skor imbang 1-1.

Di pertandingan lainnya Borussia Dortmund dipermalukan 2-4 saat menjamu klub Skotlandia, Rangers di Signal Iduna Park pada Jumat dini hari WIB. Dortmund memang terlihat lemah tanpa penyerang andalan mereka, Erling Haaland karena mengalami cedera otot.

Laga leg kedua dijadwalkan berlangsung pada 25 Februari. Kali ini giliran Rangers akan Dortmund di Stadion Ibrox. (wsa)