PAN Siapkan 8.000 Saksi

FOTO BERSAMA : Sejumlah pengurus dan kader PAN Kabupaten Bekasi, saat foto bersama. PAN Kabupaten Bekasi akan menyiapkan 8.000 saksi di Pemilu 2024 nanti.ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemilu 2024 masih dua tahun lagi, namun persiapan Partai Politik (Parpol) sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Seperti yang dilakukan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bekasi.

Ya, partai berlambang matahari terbit ini sudah mulai melakukan penguatan kaderisasi dan rekrutmen saksi guna menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Rekrutmen saksi ditargetkan selesai pada tahun 2022 ini. Demikian ditegaskan Ketua DPD PAN Kabupaten Bekasi, Daeng Muhammad.


Kata Daeng, pemilu 2024 nanti pihaknya akan menyiapkan 8.000 saksi yang ditempatkan di setiap Tempat Pemungutan SUara (TPS). Setelah saksi disiapkan, para saksi akan mendapatkan pembekalan dan pelatihan.

“Perbedaan dari Pemilu sebelumnya sangat jauh, kalau buat saksi delapan ribu orang. Tinggal kita rekrutmen personal saksinya, nanti kita latih betul-betul,” ucapnya.


Konsep dasar adalah penguatan giro kader dan perekrutan saksi. Keduanya adalah bicara arah politik partai dan strategi pemenangan partai. Dalam hal ini dirinya yang langsung menjadi narasumber bagaimana penetrasi kultural pendekatan terhadap masyarakat. Dan bagaimana menjadi moralitas akhlak kader partai.

“Kita penguatan giro rasa memiliki terhadap partai, saya langsung yang menjadi narasumbernya, saya bicara bagaimana penetrasi kultural pendekatan terhadap masyarakat, bagaimana menjadi moralitas akhlak kader partai,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga memberikan pembelajaran politik terhadap pengurus partai. Diharapkan, dengan pembelajaran politik para pengurus partai yang dipimpinnya agar mempunya visi dan idealisme.

“Sekarang kita ada pembelajaran politik, bahwa kita berpartai itu punya visi dan idealisme. Jadi bukan hanya politik pragmatis, tapi bagaimana juga melakukan proses pendidikan politik terhadap rakyat,” katanya.

Selain rekrut Saksi, DPD PAN juga¬† gencar melakukan Roadshow ke setiap Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di 23 kecamatan. “Kita berkunjung setiap hari Sabtu dan Minggu, satu hari empat DPC. Jadi sebelas kali pertemuan selesai 23 kecamatan,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Minggu (6/3/2022).¬† (pra)