Hasil Liga Champions: Penuh Drama, Madrid Singkirkan PSG

Striker Real Madrid Karim Benzema merayakan golnya dalam leg kedua 16 besar Liga Champions antara Real Madrid dan Paris St Germain. Foto: Reuters

RADARBEKASI.ID, MADRID – Karim Benzema membawa Real Madrid menggulung tim penuh bintang Paris Saint Germain (PSG) di leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Kamis (10/3) dini hari WIB.

Bermain di Santiano Bernabeu, Madrid, pemain berkebangsaan Prancis itu mencetak tigal gol untuk menang dengan skor 3-1. Dengan hasil ini, Madrid lolos ke babak delapan besar (perempat final) setelah unggul dengan agregat 3-2. Di leg pertama di Paris, Madrid kalah dengan skor 0-1.


Benzema menciptakan tiga gol dalam kurun 17 menit babak kedua setelah tim tamu memimpin 1-0 sampai menit ke-61 dari gol yang dibuat Kylian Mbappe.

Real Madrid menjadi tim yang pertama menciptakan peluang ketika tendangan voli Marco Asensio pada menit keempat dimentahkan oleh lini pertahanan PSG. Tetapi satu menit kemudian PSG juga menciptakan peluang ketika upaya Nuno Mendes diblok Rela.


Asensio kembali menghadapi kenyataan upayanya diblok PSG, sebaliknya pada menit kedelapan, ketika kiper Madrid Thibaut Courtoi membuat penyelamatan bagus saat menetralisir peluang gol yang dibuat Mbappe.

Lima menit kemudian pada menit ke-13 Mbappe kembali memaksa Courtois mementahkan peluang golnya. Courtois kembali menjadi kiper yang lebih sibuk dalam laga ini ketika Neymar juga berusaha mengujinya pada menit ke-22.

Sebaliknya kiper PSG Gianluigi Donnarumma membuat Karim Benzema gagal menyarangkan bola ke gawang lawan pada menit ke-25.

Tetapi sekitar lima kemudian PSG akhirnya menjebol gawang Madrid ketika Mbappe meneruskan umpan matang Nuno Mendes di depan gawang Real. Namun VAR kemudian menganulirmua karena Mendes dinyatakan offside sebelum gol tercipta.

Lalu empat menit setelah sundulan Benzema diselamatkan Donnarumma, tim tamu akhirnya memecahkan kebuntuan ketika assist Neymar menyusul duel di lapangan tengah dikirimkan kepada Mbappe yang berlari kencang dan berusaha dihadang dua bek Madrid.

Mbappe menyarangkan bola dengan tendangan sangat bertenaga ke sudut kanan bawah gawang Madrid usai menerima kiriman dari Neymar dan tendangan ini terlalu kuat untuk dimentahkan Courtois. PSG pun memimpin 1-0 sekaligus dalam agregat 2-0.

Pada babak ini kedua tim sama-sama melepaskan 8 upaya gol, namun PSG lebih baik dalam mengarahkan bola ke gawang dengan membuat 4 tepat sasaran yang salah satunya berujung gol.

Pendulum berubah pada babak kedua, terutama setelah Carlo Ancelotti menarik Toni Kroos dan Marco Asensio pada menit ke-57 untuk digantikan Eduardo Carmavinga dan Rodrygo.

Permainan Madrid menjadi sangat hidup, apalagi setelah Benzema menciptakan gol pertamanya pasa menit ke-61 setelah Donnarumma diserobot Benzema di kotak penalti PSG.

Apesnya, eks kiper AC Milan itu membuat kesalahan ketika bola malah jatuh ke kaki Vinicius Junior yang dengan tenang mengolah bola sebelum mengumpannya kepada Benzema. Tanpa ampun, Benzema langsung menyarangkan bola ke gawang PSG tanpa bisa dihentikan Donnarumma.

Lalu, 15 menit kemudian atau tepatnya menit ke-76, Benzema menciptakan gol kedua yang sekaligus menyamakan agregat 2-2.

Gol ini diawali oleh manuver Luka Modric yang berlari melewati area penaltinya sendiri ke kanan tengah. Lalu dia mengirimkan bola kepada Vinícius Junior di sebelah kiri pertahanan PSG.

Pemain sayap itu sempat kesulitan menendang bola sebelum memberikan umpan kepada Benzema yang sudah di depan gawang dan kemudian melepaskan penyelesaian diagonal mematikan di luar jangkauan Courtois.

Hanya dua menit kemudian pada menit ke-78. Benzema menciptakan gol lagi setelah Vinícius Junior membuat barisan pertahanan PSG kewalahan dan membuat kesalahan ketika dia mengirimkan bola ke arah Benzema yang meneruskannya ke gawang PSG dan sempat membentur kaki Marquinhos sehingga mengecoh Donnarumma ke sisi yang salah.

Madrid pun melakukan pembalikan yang luar biasa dramatis yang mengantarkan mereka ke perempatfinal Liga Champions.

PSG berusaha menyamakan kedudukan, tetapi Madridnya juga bertarung gagah berani baik di depan maupun di belakang pertahanannya sehingga kedudukan 3-2 bertahan sampai akhir laga.

Susunan Pemain:

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Eder Militao, David Alaba, Nacho Fernandez; Toni Kroos, Fede Valverde, Luka Modric; Marco Asensio, Vinicius Junior, Karim Benzema

Paris Saint-Germain (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Achraf Hakimi, Marquinhos, Presnel Kimpembe, Nuno Mendes; Marco Verratti, Leandro Paredes, Danilo; Neymar, Lionel Messi, Kylian Mbappe
(wsa)