Warga Sulap Lahan Kumuh jadi Taman Bermain

ASIK BERMAIN: Anak-anak bermain di Taman E-troopers RT 001/007 Arenjaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Selasa (15/3). Kawasan yang sebelumnya kumuh kini jadi taman dan tempat bermain anak.RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kepedulian terhadap lingkungan, mendorong terciptanya ruang publik menggerakan pengurus rukun warga (RW) 007 di Perumahan Nasional (Perumnas) III, Arenjaya, Bekasi Timur untuk mengubah lahan kumuh jadi lebih bermanfaat. Tidak hanya menjadikan lingkungan yang asri namun juga layak anak.
ROBBY HAMZAH
Bekasi Timur

Ya, lewat program sosial hearing melalui Yayasan Erick Thohir Foundation dibantu aksi sosial warga, Ketua RW 007 bersama warganya menyulap lahan kumuh menjadi taman bermain. Lokasi itu berada di Perumahan Nasional (Perumnas) III RT 001/007, Kelurahan Arenjaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi.


Ide membangun taman berawal dari adanya lahan yang tidak terawat dan kumuh. Lalu dari pihak RW berinisiatif mencari dana agar lahan yang kumuh itu dapat dijadikan lahan bermain untuk warga.

“Kita mencari info ke kelurahan maupun masyarakat untuk mendapatkan donatur untuk perbaikan, kebetulan yayasan pak Erick Thohir ada program sosial hearing melalui E-troopers, kita ajukan lah karena kita ada lahan yang tidak terawat dan kumuh yang harapnya bisa menjadi taman bermain yang asri,” ujar Atang Kusnady selaku Ketua RW 007, Kelurahan Arenjaya, pada Radar Bekasi, Selasa (15/3).


Pihaknya juga bersyukur permohonan bantuan warganya bisa terealisasi serta didukung partisipasi warga sehingga taman bermain bisa dibangun.

“Ya alhamdulillah saya juga senang RW kami bisa terpilih menjadi salah satu wilayah pembangunan fasilitas umum oleh yayasan Pak Erick Thohir,” tuturnya.

Proses penyelesaian taman bermain ini pun tidak memakan waktu lama hanya delapan hari. Pengerjaannya bersifat gotong royong dengan warga. Kini lahan yang kumuh disulap menjadi taman bermain yang indah dan asri.

“Untuk proses pembangunan kita hanya delapan hari, dan kita bergotong royong dalam pengerjaannya tidak memakai tukang. Taman sendiri tidak memakan waktu lama hanya delapan hari proses pengerjaan,”tambahnya.

Taman dengan luas 3 x 18 meter ini diresmikan pada Selasa (8/3). Hadirnya taman bermain baru membuat warga sumringah. Pasalnya, lahan yang dahulu tidak terurus dan kumuh kini bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Warga pun gembira dengan adanya taman bermain, karena lahan dulunya kumuh dan tidak terurus, kini anak anak punya tempat untuk bermain dan lingkungan menjadi asri,” ucapnya.

Ide kreatif, dan semangat warga membangun wilayah juga diapresiasi Lurah Arenjaya, Pra Fitri Angeli. Pihaknya mengapresiasi pihak RW 007 dengan upayanya dapat menembus bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) di Yayasan Erick Thohir.

“Saya sangat bangga dengan pak RW 007, bisa sampai menembus CSR di yayasan pak Erick Thohir,” ujar Fitri kepada Radar Bekasi, Selasa (15/3).

Fitri juga berterima pihak swasta yang sudah membantu dalam pembangunan infrastruktur di wilayah Kelurahan Arenjaya. “Saya sangat berterima kasih kepada yayasan pak Erick Thohir yang sudah membantu dana untuk membantu pembangunan infrastruktur di wilayah Arenjaya,” tutupnya. (*/cr1).