Madrasah Buka Pendaftaran Siswa Baru Jalur Prestasi

PENDAFTARAN SEKOLAH: Suasana pendaftaran di MAN 1 Bekasi. Madrasah di Kota Bekasi telah membuka pendaftaran PPDB jalur prestasi. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Madrasah di Kota Bekasi telah membuka pendaftaran penerimaaan peserta didik baru (PPDB) jalur prestasi. Pendaftaran dimulai Maret hingga Juli 2022 secara offline maupun online sesuai kesiapan lembaga.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Bekasi Ahmad Zainal menjelaskan, Kemenag telah menerbitkan petunjuk teknis (juknis) PPDB jenjang RA, MI, MTs, dan MA yang tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Nomor 1 tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Tahun Pelajaran 2022/ 2023. PPDB jalur prestasi sudah dapat dimulai untuk masing-masing tingkat madrasah.


“Betul sekali jalur prestasi sudah dibuka dengan ketentuan waktu yang diputuskan oleh masing-masing madrasah,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (11/4).

Sosialisasi terkait PPDB secara berjalan sudah mulai dilaksanakan sejak awal April sampai Mei 2022. Ia menegaskan, kegiatan PPDB dapat dilakukan secara objektif, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif.


Sementara, MAN 1 Kota Bekasi telah membuka pendaftaran PPDB jalur prestasi sejak 11 April sampai 23 April 2022. Adapun kuota jalur prestasi tersedia sebanyak 36 siswa.

“Kita sudah buka pendaftaran PPDB untuk jalur prestasi, orangtua siswa bisa hadir untuk mencari informasi PPDB ke sekolah” ungkap Humas MAN 1 Kota Bekasi Nunik.

Beberapa persyaratan harus terpenuhi oleh siswa yang melakukan pendaftaran melalui jalur prestasi. Yaitu scan asli kartu ujian atau surat keterangan siswa, nomor induk siswa nasional (NISN) aktif, akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK), rapor semester 1-5, sertifikat atau surat keterangan prestasi untuk jalur prestasi yang diperoleh, serta foto identitas diri.

“Semua berkas tersebut dapat diupload melalui link online PPDB MAN 1 Kota Bekasi,” ucapnya.

Verifikasi berkas jalur prestasi akan dilakukan pada 9 Mei sampai 21 Mei, untuk kemudian diumumkan pada 23 Mei 2022. Sementara jalur seleksi akan mulai dibuka pendaftarannya pada 9 Mei sampai 25 Mei 2022 dengan jumlah rombel sembilan kelas.

‚ÄúSembilan rombel dengan banyak siswa dalam satu kelas itu 36 siswa,” tuturnya.

Untuk syarat dan ketentuan pada jalur seleksi sama dengan jalur prestasi, hanya saja akan ada tes potensi akademik yang dilakukan secara langsung bagi seluruh peserta.

“Ketentuan dan syaratnya sama yang membedakan hanya tes potensi akademik yang akan kami laksanakan secara langsung,” pungkasnya. (dew)