Sukseskan Vaksinasi, Pemkab Libatkan Pemdes, RT dan RW

Illustrasi : Tenaga kesehatan menyiapkan dosis vaksin Covid-19 booster di Gerai Vaksinasi Merdeka Alun-alun Kota Bekasi, Sabtu (3/4). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, terus menggalakkan vaksinasi bagi masyarakat dengan melibatkan Pemerintah Desa (Pemdes) RT dan RW, di Desa Kalibaru, Kecamatan Cikarang Barat.

Setidaknya, ada 500 warga yang antusias mendatangi beberapa titik lokasi vaksinasi.


Kepala Desa Kalijaya, Dede Sulaeman menuturkan, antusias masyarakat cukup tinggi mengikuti vaksinasi yang diadakan. Sebab, dari target 300 orang, tapi yang datang bisa mencapai 500 orang lebih.

“Memang antusias masyarakat cukup tinggi untuk mengikuti vaksinasi. Karena untuk mudik, salah satu persyaratan harus divaksin booster,” terang Dede.


Kata Dede, di Desa Kalijaya banyak warga pendatang yang mengadu nasib di Kabupaten Bekasi. Sehingga pada saat hari raya Idul Fitri, ada budaya mudik.

“Banyak juga warga pendatang, dan kegiatan ini merupakan langkah pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan penyebaran Covid-19,” bebernya.

Sementara itu, Jubir Covid-19 Kabupaten Bekasi, Masrikoh akan mengalokasikan vaksin merek yang akan dipersiapkan di total dua posko pelayanan mudik tersebut.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, kata dia, akan menyesuaikan alokasi vaksin dengan jumlah ketersediaan vaksin yang disimpan di gudang UPTD Farmasi Kabupaten Bekasi.

“Kalau soal berapa jumlah dosis yang akan kami siapkan, melihat persediaan vaksin dan juga antusias masyarakat saja,” terang Masrikoh.

Pihaknya berharap, banyak masyarakat yang telah mempersiapkan diri melakukan vaksinasi dosis ketiga, sebelum melakukan perjalanan mudik, sehingga pihaknya tak perlu menyediakan banyak vaksin di posko pelayanan.

“Karena sebelumnya sudah diimbau, untuk vaksin booster sebelum mudik. Mudah-mudahan, masyarakat sudah divaksin semua,” harap Masrikoh. (and/adv)